Hebooh !!! Warga Kritisi Surat Keputusan Kepala Desa



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Berbagai macam upaya di    lakukan untuk menjadikan suatu harapan dan keinginan dalam menjalankan tugasnya menjadi seorang pejabat pemerintahan desa dalam memutuskan atau membuat prodak hukum unggulan yang di keluarkan oleh seorang pejabat kepala desa.

Berdsarkan Undang Undang No 20 tahun 2018, anggaran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang tertuang di dalam APBDES, tugas Kepala Desa selaku Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) seperti yang di buat oleh Kepala Desa Badean Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi dengan mengeluarkan Surat Keputusan pengangkatan Pelaksana Kegiatan (PK) berupa SK PPKD no 188/06/KEP/425.525.09/2919 tanggal 16 April 2019.

Dalam Surat Keputusan (SK) yang beranggotakan enam (6) orang perangkat desa, empat di antaranya di tunjuk sebagai Pelaksana Kegiatan dalam anggaran sesuai fungsi fungsi nya, yaitu : 

1). dalam Pelaksanaan Kegiatan (PK) kasi Pelayanan dan kesejahteraan yang di jabat seorang Maskur Sibli, 

2). Pelaksanaan Kegiatan di bidang perencanaan di jabat oleh kaur perencanaan, adalah seorang Moh Sauqi, 

3). Pelaksanaan Kegiatan kasi pemerintahan di jabat seorang Navidatus Sholeha Spd, 

4). Pelaksanaan Kegiatan kaur umum di jabat oleh seorang Iqbal Salam.

Dalam (SK PPKD) tersebut fungsi dan tugas Sekretaris Desa adalah selaku koordinator dan Bendahara Desa adalah seorang Wahidni dibidang keuangan.

Warga Desa Badean yang kritis juga aktifis Jurnalis dari media cetak dan onlain teropong timur news Banyuwangi menjelaskan, dalam SK PPKD yang terdiri dari enam orang perangkat Desa, dua di antaranya mengundurkan diri jadi perangkat desa diantaranya: Novidatus Sholeha Spd, selaku Pelaksana Kegiatan kasi pemerintahan dan Moh Sauqi, selaku Pelaksana Kegiatan kaur perencanaan

SK PPKD yang di terbitkan oleh Kepala Desa Badean, Nursamsi selaku pejabat Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa (PKPKD) terjadi pada saat program DD dan ADD tahun 2019 .

Yang menjadikan sorotan Warga Desa Badean adalah Pelaksanaan Kegiatan kaur di bidang Pelayanan dan kesejahteraan yang membidangi anggaran pembangunan Dana Desa yang dilakukan oleh Tim pelaksana Kegiatan (TPK) yang anggotanya tiga orang diantaranya yaitu: 
1). seorang Muskirom yang menjabat sebagsi Kepala Dusun Cungkingan,

2). Magbur selaku ketua LPMD dan 3). Moh Zaim selaku anggota LPMD. "Dalam perjalananya sebagai ketua TPK adalah seorang Muskirom juga mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Dusun.

Permasahannya: Dalam Anggaran APBDes 2019 ternyata sudah ada PERDES no 4 tahun 2019 tanggal 7 Mei 2019 sesudah SK penunjukan PK di keluarkan.

Anggaran Dana 2019 Desa yang memprioritaskan untuk bedah Rumah Tidak Layak Huni ( RTLH) pagu di RAB anggaran APBDes Rp 447.272.000 sumber dari pemerintahan Desa sebanyak 25 Unit, akan tetapi tidak ada data di publik nama nama Penerima RTLH tersebut beserta angaran setiap Unit RTLH tersebut. "Berdasarkan informasi dipapan Baliho APBDes 2019 hanya dijelaskan global anggaran, tidak dijelaskan rincian dipos pos kegiatan pembamgunanya 

Berdasarkan temuan data Perdes APBDes 2019 tanggal 7 Mei 2019 ada anggaran bidang Pemberdayaan sebesar Rp 243.261.000. sedang yang di informasikan dipapan Baliho sebesar Rp 140.276.000. yang jelas ada selisih sebesar Rp 102.535.000.

Berdsarkan prodak hukum Surat Keputusan (SK) penunjukan Pelaksanaan Kegiatan (PK), yang bisa menjelaskan adalah mantan kaur Perencanaan di antaranya adalah seorang Moh Sauqi atau penggantinya,(Maskur Sibli) selaku Pelaksanaan Kegiatan di bidang pelayanan dan Kesejahteraan,..."akan tetapi informasi yang didapat dilapangan seorang Maskur Sibli tidak di fungsikan. benar dan tidaknya awak media akan menggali lebih dalam dan mengkonfirmasi terhadap yang bersangkutan.

(Fiq)
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts