Kericuhan terjadi saat Rapat Umum Pemegang Saham ( RUPS ) PT Loemboeng Karya Sejahtera Bumdes Bersama

Situbondo, Teropong Timur News


Rapat Umum Pemegang Saham Bumdes Bersama kabupaten Situbondo yang digelar selasa 24 maret 2021 diaula  Wisma Rengganis, yang semula di agendakan membahas masalah Pembagian bagi hasil dari keuntungan Bumdes Bersama melenceng dari pokok acara dan berujung Ricuh

Semula rapat pembahasan defident Bumdes bersama tersebut berjalan lancar. Di awali Kepala Pemdes Jatim Ir. M Yasin  M. Si memberikan Arahan juga hadir Kepala DPMD Situbondo M Lutfi M. Si,  Komisaris utama PT Loemboeng Karya Sejahtera Samsury , Direktur PT LKM  ( Lembaga Keuangan Mikro) BKD Kabupaten Situbondo Abu Haddad dan Turut juga hadir 60 Kepala Desa sekabupaten Situbondo.

Seusai Memberikan Arahan Kepala Pemdes Jatim langsung meninggalkan lokasi pertemuan, kemudian di lanjutkan Pembahasan Masalah Pembagian Hasil Bumdes Bersama Desa sekabupaten Situbondo oleh Direksi PT LKM Sugiyanto. Saat Sugiyanto memberikan  Pemaparan tentang Persentase Laba yang akan di berikan ke berbagai desa,  detik itu Kades Arjasa A Busairi dengan Lantang melakukan penolakan. Menurut Busairi Pembagian hasil keuntungan Bumdes bersama tersebut di anggap tidak transparan. Seharusnya rapat ini di awali dengan MAD ( musyawarah antar desa) lebih dulu. Sehingga para Kepala Desa tahu akan acuan pembagiannya. Selain itu  Apa landasan hukumnya BKD (Badan Kredit Desa) di rubah Menjadi Bumdes Bersama, tegas Busairi.

Hal senada juga di sampaikan oleh kades Gebangan Kecamatan Kapongan Joko. Tidak hanya itu, Kades Buduan H Husen juga menyampaikan, Selain masalah pembagian Defident Bumdes bersama yang tidak transparan juga Kepemimpinan Komisaris  utama pada PT LKS yang di jabat oleh Samsury di anggap tidak layak.Seharusnya yang pantas adalah Pemegang Saham terbesar, yaitu Desa Mangaran selaku pemegang saham tertinggi, sedangkan  Desa Curah Cotok  Sahamnya Jauh di bawah kades Mangaran. 

Mendengar berbagai kritikan , direktur utama PT LKM BKD Situbondo Abu haddad menjelaskan kalau Pembagian Hasil usaha Bumdes Bersama sudah sesuai dengan Saham tiap- tiap desa. Terkait Jabatan Komisaris PT Loemboeng Karya Sejahtera juga sudah sesuai aturan yang berlaku.

Sebagian besar para Kepala Desa yang hadir merasa kecewa mendengar jawaban dari Abu Haddad. Para Kades tetap meminta Transparansi kepengurusan Bumdes Bersama Terkait berbagai persoalan yang penuh teka teki.


Pewarta : Niar

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts