Peduli Terhadap Kesehatan, Pemerintah Desa Grujugan Launching Desa Siaga TBC



Sumenep,www,teropongtimur.co.id.

Desa Grujugan, Kecamatan Gapura, Sumenep, Madura, Merupakan salah satu desa yang selalu sigap melakukan pencegahan terhadap penyakit TBC (Tuberculosis). Pasalnya Desa yang termasuk wilayah pesisir pantai ini Launchingnya Desa Siaga TBC, Rabu (24/03/2021) siang Tadi.

Acara tersebut dibuka langsung secara simbolis oleh Wakil Bupati Sumenep, Nyai Hj Dewi Khalifah. ditandai dengan pemukulan gong dan disaksikan oleh Kepala Dinas Kesehatan,Camat, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan( Forkopimka) dan warga sekitar.

Didik Susanto selaku Kepala Desa Grujugan mengatakan, bahwa Desa Grujugan sudah launching desa siaga TBC. Sehingga diharapkan mampu melakukan pencegahan terhadap penyakit menular ini.

"Alhamdulillah Kami Sudah launching desa siaga TBC," kata Didik Susanto usai acara.

Sehingga dirinya menyampaikan, langkah ini merupakan bagian dari ikhtiar dan komitmen dalam melakukan pendampingan dalam program pencegahan dan pengendalian penyakit yang disebabkan infeksi Mycobacterium Tuberculosis ini.

"Ini upaya yang kami lakukan, dan Alhamdulillah kami sudah membentuk tim," ujar Didik Susanto.

Kades muda ini menuturkan, Tim yang di bentuk akan bekerja dalam proses pengendalian dan pencegahan. Bahkan di bulan depan sekitar tanggal 7 April 2021, akan dilakukan pelatihan kepada tim.

"Nanti akan dilakukan pelatihan sebagai pembekalan," ungkapnya serius.

Kades yang baru menjabat ini mengatakan, ada regulasi yang mendukung dalam program pencegahan TBC ini, sehingga pihak desa bisa memasukkan Anggaran di APBdes.

"Sebenarnya di Sesa Grujugan ini ada 20 orang pasien TBC, 12 orang sudah sembuh, dan yang 8 orang masih proses penyembuhan," ujarnya.

Wabup Sumenep, Nyai Hj Dewi Khalifah menyambut baik Launching Desa Siaga TBC ini, dengan ini diharapkan mampu melakukan edukasi dalam hal pencegahan penyakit TBC tersebut.

"Saya harap juga melakukan sinergi dengan desa lain, intinya bagaimana penyakit ini tiap tahun bisa menurun," tutupnya.

Pewarta: Benny H
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts