Perwira Staf Potmar Lanal Banyuwangi Laksanakan Vicon Bersama Kasal Giat Rapat Pramuka Saka Bahari Nasional Tahun 2021



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Dalam rangka Rapat Pimpinan Praja Muda Karana (Pramuka) Saka Bahari Nasional Tahun 2021, mewakili Komandan Lanal Banyuwangi (Danlanal Bwi), Letkol Laut (P) Joko Setiyono, S.E., M.Tr.Hanla., Perwira Staf Potensi Maritim (Paspotmar), Lettu Laut (KH) Rianto, S.H bersama anggota Babinpotmar selaku Pembina / Pelatih Saka Bahari Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Banyuwangi ikuti Video Conference (Vidcon) di Gedung Wisma Bahari, Jl. Raya Situbondo nomor 54, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro. Senin (29/3/2021).


Sebelum Rapat Pimpinan Pramuka Saka Bahari Nasional Tahun 2021 Kwartir Nasional (Kwarnas) dimulai dilaksanakan Rapid Test Covid-19, kemudian pelaksanaan Rapat Pimpinan Pramuka Saka Bahari Nasional dengan pembukaan diawali Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Pembacaan Do’a, Sambutan Ketua Mabi Saka, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M (KASAL) , Sambutan Ketua Kwartir Nasional, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, Ramah Tamah/Coffe Break, Evaluasi Kegiatan TA 2020 (Kadispotmar Mabesal), Rencana Kegiatan TA 2021 (Kasubdis Binpuan), Ishoma, Revitalisasi dan Akselarasi Saka Bahari (Laksda TNI (Purn) Kinkin, S.), di Auditorium Denma Mabesal.


sambutannya KASAL yang dibacakan oleh Aspotmar KASAL, Mayjen TNI Marinir Widodo Dwi Purwanto disampaikan dalam Vidcon, ” Assalamu’alaikum wa Rohmatullahi wa Barokatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua,
SALAM PRAMUKA !!!

Yang saya hormati ketua kwartir nasional gerakan pramuka, komisaris jenderal (purn) budi waseso,
Yang saya hormati Ketua dan Wakil serta Para Pengurus Pinsaka Bahari Tingkat Nasional, Daerah Dan Lantamal,
Yang saya hormati Para Narasumber, Hadirin Dan Undangan Sekalian, Baik Yang Hadir Secara Langsung Maupun Via Video Conference.

Mengawali acara ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, ALLAH Subhanahu Wa Ta’ala, berkat limpahan rahmat dan ridho-nya, kita dapat hadir untuk mengikuti Rapat Pimpinan Pramuka Saka Bahari Nasional Tahun 2021, dalam keadaan sehat wal’ afiat.

Para Peserta Rapim Sekalian,
Kegiatan Rapat Pimpinan Pramuka Saka Bahari Nasional Tahun 2021 ini merupakan upaya mewujudkan kesamaan visi dan misi pengurus pinsaka bahari nasional bersama dengan pinsaka bahari daerah, guna meningkatkan pola pembinaan serta menyusun program kerja dalam upaya mengembangkan kapasitas kegiatan Pramuka Saka Bahari.

Rapat Pimpinan Pramuka Saka Bahari Tahun 2021 ini, juga dilaksanakan di tengah suasana bangsa kita yang sedang berupaya mempercepat penanggulangan pandemi covid-19 yang telah berlangsung lebih dari setahun. oleh karena itu, sangat tepat jika rapim kali ini mengambil tema, “Melalui Penyelenggaraan Rapim Saka Bahari Nasional Ta. 2021 kita wujudkan semangat bela negara dan cinta tanah air yang berwawasan kebangsaan di masa pandemi covid-19”. tema ini mengandung makna yaitu, Semangat Bela Negara Dan Cinta Tanah Air Yang Berorientasi Kebaharian guna memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam upaya menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia.

Pramuka Saka Bahari Yang Saya Banggakan,


Potensi kekayaan alam yang terkandung di wilayah Nusantara merupakan anugerah tuhan kepada kita yang patut kita syukuri. namun, disisi lain kekayaan alam yang melimpah ini telah menimbulkan perebutan kepentingan, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri dengan skenario sengketa wilayah teritorial yang didukung oleh kekuatan militer, dengan tujuan memaksakan kehendaknya yang tentunya berkaitan dengan sumber daya alam di negeri kita. oleh karenanya, sebagai refleksi kita terhadap situasi yang berkembang saat ini, dibutuhkan Sumber Daya Manusia Yang Peduli, serta mampu menjaga dan mengelola seluruh kekayaan alam yang ada di nusantara ini. TNI Angkatan Laut selaku Pembina Masyarakat Maritim, bersama seluruh elemen masyarakat maritim secara bersama-sama melindungi dan mengamankan sumber daya alam negeri kita, dimana disisi lain kegiatan ini harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan situasi geopolitik dan geoekonomi yang berkembang saat ini.

Sekian dan Terima Kasih,
SALAM PRAMUKA !!! , tuturnya dalam pembacaan Amanat KASAL.


Pembentukan Wadah Kegiatan Kelautan Dalam Bingkai Saka Bahari, baik pada tingkat Provinsi maupun Kabupaten selaras dengan Program TNI Angkatan Laut dalam upaya menyediakan komponen cadangan yang siap menghadapi ancaman, oleh karena itu, diperlukan keterpaduan dan sinergitas arah dan kebijakan serta rencana kerja, baik pada level pusat maupun level daerah yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melaksanakan pembinaan bagi generasi muda saka bahari. upaya ini juga sebagai jawaban kita terhadap perkembangan dinamika strategis di era revolusi industri 4.0 saat ini.

Hadirin sekalian, sebelum mengakhiri sambutan ini, saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada semua pihak yang telah memberikan perhatian
dan dukungan penuh terhadap upaya dalam memajukan pramuka saka bahari.

Demikian sambutan saya, semoga tuhan yang maha esa, allah subhanahu wata’alla, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan dan perlindungan-nya kepada kita sekalian, dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara tercinta.



Sekian terimakasih, Salam Pramuka!!!, tuturnya dalam pembacaan amanat Kasal

Dalam sambutan Kwarnas RI, Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso, yang dibacakan oleh Mayjen TNI (Mar) Purn Yuniar Lutfi yang intinya dalam pembacaan tersebut dengan mengatakan, ” Kita Wujudkan Semangat Bela Negara dan Cinta Tanah Air yang Berwawasan Kebangsaan dimasa Pandemi Covid-19 melalui giat positif Pramuka yang bermanfaat.” tuturnya.


Usai Vidcon Rapat Pimpinan Saka Bahari Nasional Tahun 2021, Danlanal Bwi menyampaikan yang diwakilkan oleh Paspotmar Lanal Banyuwangi selaku Pembina / Pelatih Saka Bahari Kwarcab Kab. Banyuwangi mengatakan, ” Melalui Penyelenggaraan Rapat Pimpinan Pramuka Saka Bahari Nasional TA 2021. Kami selaku Pembina / Pelatih Pramuka Saka Bahari Kwarcab Banyuwangi dari Bagian Potensi Maritim Lanal Banyuwangi selalu siap sedia memberikan edukasi dan pelatihan terhadap generasi penerus bangsa.” ucap, Lettu (KH) Rianto, S.H.

Lebih lanjut Paspotmar mengatakan, ” Potmar Lanal Banyuwangi akan melaksanakan kesamaan Visi Misi yang telah dibuat oleh Komando Atas agar selaras dari atas sampai bawah.” pungkasnya.

Rilis: Ujik
Editor: Buang Arifin

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts