RSUDMA Sumenep Melibatkan Para Ahli Gizi Untuk Memeriksa Makanan Para Pasien


Sumenep,www,teropongtimur.co.id


Pelayanan terhadap pasien tetap terjaga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.H Moh Anwar Sumenep, bahkan tidak hanya  pelayanan dalam perawatan, juga dalam penyajian beragam makanan diolah sesuai kandungan yang di butuhkan setiap pasien.


Bahkan tidak hanya koki profesional, para ahli gizi juga ikut campur tangan memeriksa setiap makanan yang akan di sajikan untuk para pasien.


Penyiapan bahan baku pilihan yang menjadi proses utama pengemasan sebelum dikonsumsi para pasien, yang sedang menjalani rawat inap melalui tahapan sesuai standard Kepala Instalasi gizi RSUDMA, HAIRUN NISYAK Amd, Gz.


Selain itu juga, penyediaan bahan baku disesuaikan jumlah pasien yang sedang menjalani rawat inap," Itu kita hitung semua, kemudian kita buatkan daftar belanja sesuai  desifikasi bahan makanan," kata kepala instalasi gizi RSUD Dr.H.Moh.Anwar Sumenep, HAIRUN NISYAK, Amd.Gz melalui postingannya.


Sehingga ruang khusus disediakan, mulai penimbangan dan pencucian. " Setelah bersih kita masukkan dulu ke mesin penyimpanan dengan pengatur suhu," katanya, Senin (15/03/2021) kemarin.


Untuk menu setiap harinya lanjut Nisyak, setelah selesai proses penimbangan, kemudian masuk ke persiapan tentunya sesuai menu yang akan di masak dihari tersebut.


"Pemilihan sayur, bumbu dan lauknya pun kita pertimbangkan betul," imbuhnya.


Petugas pengolah makanan untuk pasien, benar benar-benar di perhatikan ke sterilannya, dimana pintu masuk tim pengolah makanan pun ada pintu khusus, baju yang di gunakan untuk memasak hingga pengemasan harus sesuai standard dengan APD lengkap.


"Dari pintu petugas saja sudah khusus, wajib menggunakan APD lengkap, termasuk masker dan kebersihan, sudah ada tugas masing-masing, mulai dari Ketua tim hingga  pelaksana," tegasnya.


Bahkan untuk pasien Anemis pun dirumah sakit pelat merah ini disediakan secara khusus, ada petugas gizi, termasuk untuk penyakit lain yang membutuhkan perhatian dan gizi khusus.


Dirumah sakit ini ada 10 orang petugas ahli gizi, sementara tim yang bertugas untuk pengolahan makanan sendiri ada 8 orang.


"Kebutuhan gizi setiap pasien kita sudah perhitungan, mulai dari kalori dan protein nya, jadi tidak perlu khawatir lagi dengan menu makanan yang ada dirumah sakit ini, misal rasanya hambar, ya memang disesuaikan dengan kebutuhan gizi pasien," ungkapnya.


Namun kata Nisyak, untuk alat makan menggunakan Disposable (alat sekali pakai), dan pengemasannya pun sudah di jamin aman, termasuk suhunya sudah disesuaikan.


"Ada anggapan di masyarakat, enggan menggunakan barang bekas orang lain, untuk itu sekarang sudah menggunakan Disposable, jadi kita jamin kebersihan dan keamanannya, pengemasannya pun sudah sesuai standard  aman," tutupnya.


Pewarta  :  Benny H

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts