Babinsa Dampingi Traning Contacts Ke Rumah Warga



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) beserta tim dari Puskesmas mendampingi Tim Medis dari Puskesmas Kedungwungu, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi melakukan tracing contact Covid-19 ke rumah LC warga Dusun Purworejo RT 006 RW 001 Desa Kalipait Kecamatan Tegaldlimo. (17/04/2021)

Tujuan dari kegiatan ini guna melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Peran itu diemban para Babinsa dan Satgas Covid-19 tracing contact menjadi hal wajib bagi satgas penanggulangan covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona.

Selama ini, Babinsa, Bidan Desa dan tim Nakes Kesehatan menjadi ujung tombak untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona. Akan tetapi, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak. Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi melibatkan TNI dan Polri dalam kegiatan tracing contact.

Kegiatan tracking dan edukasi oleh Pukesmas Kedungwungu bersama TNI dan Polri terhadap orang-orang yang terkonfirmasi atau kontak erat dengan warga yang Positif Covid-19 terus berjalan guna memutus mata rantai virus Covid-19.

Petugas Kesehatan Puskesmas (Siswanto), mengatakan, tracing dilakukan untuk memastikan terhadap keluarga pasien Covid-19, yang bertujuan demi keamanan dan kesehatan, untuk memutus mata rantai penyebarannya. "Kami melakukan kegiatan ini untuk melihat kondisi kesehatan keluarga pasien Covid-19 apakah terindikasi virus tersebut atau tidak, "Ujarnya. Rabu, (24/04/2021)

Sementara, Babinsa Pelda Jumidi, menjelaskan, keluarga pasien Covid-19 dalam proses tracing statusnya masih Orang Dalam Pengawasan (ODP). Selanjutnya mereka diwajibkan untuk melaksanakan isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis dan pemerintah desa setempat. "Kami bersama pemerintah desa terus memberikan semangat kepada keluarga pasien serta berharap warga yang setatusnya masih ODP mengikuti dan mematuhi protokol kesehatan, "Pungkasnya.


Rilis: Bgn.Opr. Ramil 09
Edit: Biang A
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts