Bupati Sumenep Jamin Aman Terkait Ketersediaan Pupuk Bersubsidi



Sumenep,www.teropongtimur.co.id.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi bagi para  petani yang ada diwilayah Kabupaten Sumenep, Madura dijamin aman, Sehingga bisa dapat dipastikan selama musim tanam, para petani tidak akan lagi mengalami kesulitan pupuk bersubsidi dimaksud.

"Kami menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi Kepada warga petani dangan catatan, para petani itu harus sudah tergabung dalam kelompok tani (Poktan) dimana otomatis akan terdata dalam Rencana Definitif Kelompok Tani (RDKK), "Kata Bupati Sumenep

"Sambung dia, "Petani dalam Poktan itu dipastikan akan mendapatkan Kartu Tani (Kartan) sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi. "Ini dilakukan untuk menghindari penyelewengan oknum yang tidak bertanggung jawab dalam penebusan pupuk ini, Sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat yang memang berhak sebagai penerima.

"Dengan begitu maka akan tepat guna, tepat waktu, tepat mutu, tepat jenis dan tepat jumlah dan tentunya tepat harga dan tepat tempatnya, "ujar mantan wakil Bupati Sumenep ini.

Menurut Suami Nia Kurnia ini, keberadaan Kartu Tani bisa memberikan jaminan kepada petani dalam memperoleh pupuk bersubsidi, Sehingga Bupati mendorong untuk segera bergabung dengan Poktan untuk mendapatkan Kartan. "Jika masih ada petani yang belum memiliki Kartu Tani silahkan bergabung dengan Poktan yang nantinya bersatu dalam pola sistem RDKK itu, "ujarnya.

Akhmad Fauzi juga menuturkan, Kartu Tani juga bisa di jadikan untuk mendapatkan modal Kredit Usaha Rakyat (KUR)di bank sudah menjalin kerjasama. Maka petani lewat kartu tani bisa mengajukan pinjaman. "Tidak hanya jadi petani tetapi juga berpotensi menjadi pengusaha, "tuturnya.

Pengusaha sukses ini juga menuturkan, kalau keberadaan Kartu Tani sejalan dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani. Maka jangan segan-segan bagi petani yang belum memiliki Kartu Tani untuk segera bergabung dengan Kelompok.

"Kabupaten Sumenep merupakan daerah yang terbilang cukup sukses dalam penerapan Kartu Tani. Itu karena dorongan Pemerintah Daerah dan Pusat, bahkan menjadi percontohan bagi Kabupaten/Kota lain di Jawa Timur, "tutupnya.


Benny H/Mat Salam
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts