Gonjang Ganjing Anggaran Dana Desa, Belanja Tidak Terduga APBDes 2020



Banyuwangi,www.twropongtimur.co.id.

Apbdes T-A 2020 prodak Pemerintahan Desa Badean kecamatan Blimbingsari kabupaten Banyuwangi tentunya membingungkan publik ,pasalnya kalimat Belanja tidak terduga di perdes lama,dan perubahan perubahanya anggaranya tidak konsekwen dalam pagu yang jelas alias gonjang ganjing.

Media teropong timur new salah satu media yang selalu menyajikan sumber data pemberitakan ,dari sumber yang jelas dan data yang bisa di pertanggung jawabkan ke publik .

Apbdes T-A 2020 yang di aplikasikan di Sid Kemendes adalah data falid dan terkonfirmasi terkait BLT DD yang menyerap anggaran sebesar Rp 856.800.000 kepada 238 warga desa badean yang menerima manfaat.

Nama nama penerima BLT DD terkonfirmasi secara utuh dalam aplikasi Sid kemendes justru di anggap sumber data gelondongan pihak pemerintahan desa ,hal tersebut jadi pertanyaan, terkait munculnya perdes perdes apbdes dan perubahan perubahanya .

Mengapa apbdes di aplikasi Sid kemendes di klem data gelondongan ,ternyata di balik itu terungkap di perdes perdes apbdes yang di rubah mengatasnamakan apbdes perubahan pertama bulan Juli dan Perubahan kedua bulan oktober 2020.

Di dalam apbdes perubahan pertama bulan Juli mengaburkan apbdes di aplikasi Sid kemendes ,lalu kemudian bulan Oktober muncul apbdes perubahan yang tidak singkron anggaran nya di LPJ Apbdes realisasi bulan Januari 2021.

Di Apbdes sebelum perubahan di jelaskan di Perdes perubahan pertama angaran tidak terduga sebesar Rp 445.210.000 di perubahan menjadi Rp 664.525.000, kemudia di apbdes perubahan ke dua menjadi Rp 966.753.582,25 lalu di buat data penaggulangan keadaan darurat sebesar Rp 943.750.300 di LPJ Realisasi.

Perlu ada klarifikasi kepada pembuat kebijakan Perdes apbdes yaitu BPD,Kepala desa dan Sekdes ,dengan kemunculan anggaran di perdes apbdes yang warna warni tersebut tentunya timbul pertanyaan besar dalam perencanaanya di duga kuat terjadi mal persedural,mal atminitrasi dan mal regestrasi dalam perencanaanya menyusun anggaran .

Sudah jelas faktanya Dana Desa BLT DD T-A 2020 yang di cairkan terkonformasi datanya sejak tanggal 12 mei 2020 dan nama nama keluarga penerima manfaat tercatat secara detail dengan pagu angaran Rp 942.006.000 di SID KEMENDES dan terealisasi Rp 856.800.000 sampai tahap sembilan.

Modus anggaran berkedok Belanja tidak terduga yang di masukan dalam perdes perdes apbdes dan perubahan perubahanya belum jelas sumber dananya,dan belum jelas APBdes nya hanya data penyanding berupa perdes apbdes dan dokumen lainya .

Catatan lain serta sorotan media terkait angaran Silfa awal dan silfa baru tahun sebelummya keperuntukanya diduga tidak di landasi perdes yang nilainyamencapai ratusan juta, tentunya itu tidak boleh terjadi, bila itu terjadi adalah TIPIKOR pasalnya silfa adalah uang Negara harus jelas asal usulnya silfa dan penggunaanya sesuai dalam aturan permendagri nomer 20 tahun 2018.

(fiq)
Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts