Rapat Koordinasi Fokopimda Dengan Presiden Joko Widodo



Teropong Jbr – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto dan Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman beserta Forkopimda mengikuti Rapat Koordinasi Pimpinan Daerah Hasil Pilkada 2020 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri, dan dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo secara daring melalui zoom meeting dari Istana Negara, Rabu (14/4/2021).


Dalam arahannya, sebagai pembuka, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada seluruh Kepala Daerah hasil Pilkada 2020 yang sudah dilantik dan mulai bekerja melayani masyarakat di tengah pandemi Covid-19.


“Jabatan ini merupakan kehormatan sekaligus tanggung jawab yang besar dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Saya ingin ke depan penggunaan APBD bisa fokus di beberapa sektor pembangunan saja, sehingga hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat. Misalnya tahun pertama fokus jalan, setelah tuntas fokus pasar, dll,” tegas Presiden.


Pihaknya berpesan agar proporsi penggunaan APBD antara belanja modal bisa lebih besar daripada belanja pegawai.


“Jangan hanya terpaku pada rutinitas, inovasi yang berorientasi pada hasil juga harus dilakukan. Jadi kepala daerah jangan suka membaca laporan saja, harus cek langsung ke bawah agar benar-benar tahu kondisi di lapangan,” lanjut Presiden.


Selanjutnya, di tengah melemahnya perekonomian karena pandemi Covid-19, Presiden meminta agar seluruh Kepala Daerah bisa mempermudah investasi, memperbanyak program padat karya.


“Saat ini masyarakat kita sedang lemah, banyak PHK. Sehingga kami minta agar para Gubernur, Bupati, Walikota bisa mempermudah investasi untuk membuka lapangan pekerjaan dan mendorong peningkatan ekonomi. Begitu juga dengan padat karya, bisa memberikan pendapatan tambahan bagi masyarakat,” tambah Presiden.


Selain ekonomi, Presiden Jokowi juga meminta agar belanja sosial bisa segera disalurkan dan mendukung kelancaran vaksinasi. Serta terus menjaga kedisiplinan masyarakat di masing-masing daerah dalam mematuhi protokol kesehatan.


Bupati Jember Ir. Hendy Siswanto mengatakan, arahan Presiden Jokowi sudah selaras dengan program prioritas kerja Bupati dan Wakil Bupati Jember.


“Mengenai infrastruktur, kami Bupati dan Wakil Bupati Jember telah menganggarkan tahun ini dari APBD 2021 yang telah disahkan beberapa hari lalu, pertama untuk peningkatan jalan di Jember sepanjang 800 kilometer, itu program kerja prioritas utama saya dan Gus Firjaun,” ungkap Bupati Hendy.


Ia menuturkan, untuk tahap awal saat ini pihaknya melakukan penambalan jalan berlubang oleh Unit reaksi Cepat (URC), selanjutnya perkiraan akhir Mei telah selesai proses tender dan awal Juni 2021 dimulai realisasi pembangunan dan peningkatan jalan.


Mengenai peningkatan investasi, Bupati Jember Hendy Siswanto telah berjanji untuk mempermudah perijinan bagi masuknya investasi di Kabupaten Jember. Janji tersebut merupakan target Hendy Siswanto agar masyarakat Jember keluar dari kemiskinan.


Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Hendy juga meminta kepada seluruh para kepala desa sebagai mitra dalam membangun Jember untuk kemakmuran masyarakat. Seluruh Kades diharapkan melakukan inovasi-inovasi di masing-masing desanya.


“Pemerintah Desa adalah yang terdekat dengan masyarakat secara langsung, Kuncinya ada di kepala desa, Anda adalah ujung tombak kami dalam membangun Jember, oleh karena itu para kades harus bersinergi dengan pemerintah, melakukan inovasi-inovasi serta lompatan jauh dalam membangun desa,” pinta Bupati Hendy dalam acara pertemuan seluruh kades di Aula PB Sudirman Pemkab Jember, Kamis lalu (8/4/2021).


Sementara untuk pengetatan kedisiplinan protokol kesehatan, Bupati Hendy menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat pos pantau di masing-masing desa, selain itu dia juga mengimbau warganya yang berada di perantauan untuk tidak mudik.


“Masyarakat Jember tetap harus disiplin mematuhi arahan pemerintah, disiplin mematuhi protokol kesehatan. Bagi yang bekerja di luar kota kami mohon untuk tidak mudik dulu,” pinta Hendy. (*)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts