Bahas Pengembangan Desa Wisata Olean, Kades gelar Rapat Koordinasi di Aula Desa

 Situbondo Teropong Timur News



Jum’at, 21/05/2021 Kepala Desa Olean bersama anggota Pokdarwis dan perangkat serta beberapa orang dari berbagai media mengadakan Rapat di Aula Desa untuk membahas pengembangan Desa Wisata yaitu meliputi Pembangunan kepariwisataan khususnya desa wisata Olean dapat dijadikan sarana untuk menciptakan kesadaran akan identitas Desa dan kebersamaan dalam keragaman. Desa wisata Olean dikembangkan dengan pendekatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat dan pembangunan, bertumpu kepada kesejahteraan masyarakat, dan bersifat memberdayakan masyarakat yang mencakup berbagai aspek, seperti sumber daya manusia, pemasaran, destinasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, keterkaitan lintas sektor, dan pemberdayaan usaha kecil, serta tanggung jawab dalam pemanfaatan sumber kekayaan alam dan budaya. Dalam rapat tersebut Kepala Desa Olean Ansori mengatakan  " Desa Olean bisa menghidupi banyak masyarakat dan para pelaku usaha makanya langkah dan upaya inovasi untuk penyelamatan eksistensi desa wisata Olean tersebut menjadi penting," katanya. Dengan demikian, bagaimana kita dapat menjaga keberlangsungan destinasi wisata yang ada di desa ini," Imbuhnya.


sederhananya, desa wisata Olean fokus pada pembangunan desa. Agar sejajar dengan pembangunan desa lainnya seperti desa industri, desa kerajinan dan desa kreatif. Sedangkan di desa Olean Wisata Desa yang terkenal dengan Sensasi Magis Religius yaitu Desa Karang Kenek dengan kepala keluarga 26 yang dipercaya tidak bertambah atau berkurang penduduknya.

Desa Olean merupakan Desa yang menyimpan kisah budaya menarik Desa olean itu sendiri berjarak kurang lebih 5 kilometer dari pusat kota. Mudah dilalui oleh transportasi umum. Memasuki kawasan Desa Adat Karang Kenek kita disambut jajaran perkampungan dan persawahan.

Keelokan Desa Adat Karang Kenek menarik minat seorang tokoh sejarawan dan budayawan Situbondo yaitu Joko Kussuharto “dengan potensi yang dimiliki Desa Olean, Tokoh Masyarakat dan juga masyarakat Desa itu sendiri, Desa Wisata Olean, dimana potensi Magis Religius serta potensi Alam yang jauh dari keramaian serta beberapa peninggalan sejarah kerajaan Majapahit yang berada di Desa, selain itu dikelilingi dengan persawahan yang sangat hijau dan jauh dari kebisingan dan masih banyak lagi potensi yang ada di Desa Olean, dan dari Pemdes Olean terus mempersiapkan  pengembangan Desa Wisata kedepan”, Katanya.

Pewarta : dik

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts