Bupati dan Wakil Bupati jember melaksanakan sosialisasi Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Timur tentang pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah.

Teropong jbr – Bupati dan Wakil Bupati jember, Hendy Siswanto-Gus Firjaun bersama jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember melaksanakan sosialisasi Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Timur tentang pelaksanaan salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriyah.

Sosialisasi yang berlangsung di Pendopo Wahyawibawagraha ini diikuti para takmir masjid, pengurus musala serta ulama, Senin (10/05/2021).

Berbeda dengan SE yang dikeluarkan oleh Menteri Agama dimana wilayah yang masuk zona merah dan oranye tidak diperbolehkan salat di masjid melainkan harus salat di rumah masing-masing, pada SE yang dikeluarkan oleh Gubernur Jatim ini diperbolehkan salat Idul Fitri berjamaah dengan ketentuan maksimal 15 persen dari kapasitas masjid dan musala. Sedangkan wilayah dengan zona kuning dan hijau diperbolehkan hingga maksimal 50 persen.

Untuk poin aturan lainnya sama antara SE Menag RI dan SE Gubernur Jatim.

“Jember berada dalam zona oranye jadi masih diperbolehkan salat di masjid maupun musala dengan beberapa ketentuan,” ungkap Bupati Hendy.

Untuk yang menggelar salat di masjid maupun musala, panitia wajib menyediakan alat pengukur suhu (thermo gun) . Apabila tidak mempunyai, bisa pinjam ke kantor desa, sekolah terdekat dan kantor terdekat.

Pelaksanaannya wajib menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Bagi para lansia (lanjut usia) atau orang dalam kondisi kurang sehat, baru sembuh dari sakit atau dari perjalanan, disarankan tidak menghadiri salat Idul Fitri di masjid dan maupun musala. Seluruh jamaah wajib mengenakan masker.

“Khutbah dilakukan singkat maksimal 10 menit, juga untuk imam salat jamaah agar membaca surat pendek saja,” jelas Bupati Hendy.

Setelah melaksanaan salat Idul Fitri berjamaah agar langsung kembali ke rumah dengan tertib dan menghindari berjabat tangan dengan bersentuhan secara fisik.

Masyarakat tidak diperbolehkan menggelar open house, halal bihalal yang menimbulkan kerumunan. Silaturahmi dibatasi hanya kepada tetangga terdekat saja.

Selain itu panitia salat id sebelum menggelar salat id berjamaah di masjid dan musala agar berkoordinasi dulu dengan pemerintah setempat, Satgas penanganan Covid-19, serta pihak keamanan setempat. 

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts