Gelombang Rob Hantam Rumah Penduduk Di Desa Landangan

 Situbondo Teropong Timur News



Pesisir pantai di Desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Situbondo. Banjir rob  menerjang pemukiman warga. Awak media Teropong Timur News di lapangan menemui salah seorang warga harianto dusun laok bindung RT.02 RW.04 desa landangan kecamatan Kapongan Jumat (28/05), mengatakan "gelombang rob terjadi akibat air laut naik ke daratan menyebabkan 1 (satu) rumah milik warga yang bernama  asik ini rusak  parah sehingga yang tertinggal hanyalah pondasi rumah, berikut rumah ibu nining juga rumahnya terdampak gelombang Rob, sebelumnya di tahun 2020 ada rumah warga yang juga hanyut adalah milik pak sunar/supo warga setempat" terangnya. Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa akibat bencana banjir pesisir tersebut.

Arif selaku Kepala desa Landangan menerangkan  "saya langsung berkirim surat dan berkoordinasi dengan BNPBD Kabupaten Situbondo, Dinas Sosial Kabupaten Situbondo, dan Pemda agar warga diberikan bantuan bagi yang terdampak banjir Rob tersebut, khususnya warga dusun laok bindung", ungkapnya melalui via telepon. Di waktu yang sama Pak Riri warga Dusun Laok Bindung berkeinginan "saya berharap kepada Gubernur Jawa Timur, Bupati Situbondo, Ketua DPRD,  Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas BNPBD untuk segera dapat mengatasi bencana gelombang Rob yaitu membuatkan tangkis pemecah ombak, dan juga untuk warga terdampak segera mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah maupun Pusat”,uncapnya. Dirinya berharap “pemecah ombak yang didekat tambak salah satu pengusaha tambak udang berinisial A agar diarahkan ke utara atau dikembalikan seperti semula" imbuhnya. Ditaksir kerugian materi yang dialami warga mencapai puluhan juta rupiah, Sebagian warga yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, membersihkan kotoran yang terbawa banjir rob. Warga berharap baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, segera membangun tanggul  penahan banjir rob.

Dalam pantauan wartawan teropong timur news banjir Rob juga naik hingga menggenangi permukiman warga, LSM Teropong beserta jajarannya yaitu Wahyu, Feri Fadli,  Joko Hernadi, Eko priyono, bunda Litha berkomitmen akan mengawal masyarakat desa Landangan dusun Laok Bindung dengan cara berkirim surat kepada instansi-instansi Pemerintah terkait, dan berharap bencana alam yang dialami warga desa Landangan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo segera berakhir.

Pewarta : wahyu/joko/echo/Litha

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts