Jangan Sampai Terlewat, Malam Ini Lebih Baik Dari Seribu Bulan


Cerpen: teropongtimur.co.id

Ada satu malam diantara malam bulan ramadhan yang sangat luar biasa nilainya, bahkan dalam setahun hanya terjadi satu kali, malam tersebut adalah malam lailatul qadar, sebagai mana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan dan pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan, serta malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Namun malam lailatul qadar adalah misteri yang tidak seorang pun tahu keberadaannya, akan tetapi Nabi kita Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam telah memberitahukan kepada kita tanda-tanda keberadaan malam tersebut dalam sabdanya: "Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.

Terjadinya lailatul qadar di tujuh malam terakhir bulan ramadhan itu lebih memungkinkan sebagaimana hadits dari Ibnu Umar bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari mengatakan bahwa lailatul qadar itu terjadi pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dan waktunya berpindah-pindah dari tahun ke tahun. Mungkin pada tahun tertentu terjadi pada malam kedua puluh tujuh atau mungkin juga pada tahun yang berikutnya terjadi pada malam kedua puluh lima tergantung kehendak dan hikmah Allah Ta’ala. Hal ini dikuatkan oleh sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka jelaslah bagi kita bahwa keberadaan malam lailatul qadar ada pada 10 malam terakhir bulan ramadhan, lebih tepatnya pada bilangan ganjil diantara malam-malam tersebut.

jika kita telah mengetahui keutamaan dan keistimewaan dari malam lailatul qadar serta tanda-tanda keberadaan malam tersebut, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah memperbanyak amal solih, sebagaimana yang dilakukan oleh baginda kita Nabi muhammad shalallahu 'alaihi wasallam. "Bila ketika memasuki sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan, beliau kencangkan sarungnya (bersungguh-sungguh dalam ibadah dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk beribadah.

Wallahu a'lam bis showab hanya ini yang dapat saya sampaikan, wa billahi tufiq wal hidayah. Mari memperbanyak amal sholih kita di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan, semoga kita semua mendapatkan keberkahan yang melimpah serta ampunan dari Allah subhanahu wa ta'ala, amiin ya rabbal alamiin

Share:

No comments:

Post a comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

BECOFF BONDOWOSO - Jatim

BECOFF BONDOWOSO - Jatim
BECOFF BONDOWOSO - JATIM

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Becoff Bondowoso - Jatim

Becoff Bondowoso - Jatim
Becoff Bondowoso - Jatim

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog archive

Recent Posts