Nasim Khan Gelar Sosialisasi, Dorong Pelaku UMKM Bondowoso Agar Tambah Maju





Bondowoso,www.teropongtimur.co id.

Anggota DPR RI Dapil III Jatim, Nasim Khan, terus mendorong kebangkitan UMKM (Usaha Mikro dan Kecil Menengah) di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya melalui sosialisasi 'Aksi Korporasi BUMN' yang di gelar di Hotel Ijen View, Jl. Kismangunsarkoro Tamansari, Minggu (30/5/2021).

Kegiatan sosialisasi tersebut mengusung tema 'Membangun Sinergi BUMN Sektor Ultra Mikro Bersama BUMN'. Kegiatan ini melibatkan langsung pelaku UMKM Bondowoso.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdim 0822, Waka Polres, Kadis Koperindag, Perum Perhutani KPH Bondowoso, Pegadaian, serta Himpunan Bank Negara (Himbara) BRI, BTN, BNI. Serta Pegadaian dan PNM. Sebab aksi itu untuk mempermudah akses permodalan bagi pelaku ekonomi mikro.
Dalam pemaparannya, Nasim Khan menyampaikan, Aksi korporasi ini bisa efektif dan maksimal serta bermanfaat bagi masyarakat, pihaknya juga sedang meninjau dan mempelajari bersama di komisi V1 DPR RI bersama kementrian BUMN, sehingga aksi korporasi ini golnya benar-benar tercipta.

"Contohnya yaitu aksi korporasi ultra mikro yang diprakarsai oleh tiga kemitraan yaitu BRI, Pegadaian dan PMN, itu bisa menjadi aksi ultra mikro tujuannya untuk mempermudah akses pengembangan ekonomi kepada masyarakat," tutur Nasim.

Dia berharap jika target ini benar-benar bagus dengan sistemnya yang berjalan, ini suatu jalan untuk menjadi kebangkitan korporasi ekonomi nasional yang terbaik kedepan.

Ultra mikro, Kata Nasim, khususnya dalam UMKM sangat diperlukan karena target pemerintah kita ini baru bisa merangkul UMKM 17% dari target yang masih jauh.

"UMKM kita mulai dari UMKM ultra mikro dan ukm lainnya sangat menunjang perekonomian bangsa kita," uangkap dia.

Nasim mencontohkan, kemarin dalam situasi Covid-19, semua perusahaan besar terganggu, baik secara pendapatan dan bahkan pemangkasan karyawan, akan tetapi pelaku UMKM mandiri tidak begitu berdampak bahkan sangat menunjang kehidupan masyarakat.

"Ada yang bekerja online, tinggal nanti kita kemas dengan sistem digital yang terbaik dan kita kawal setiap program," tuturnya.

Baik dari Diskopperindag dan BUMN lainnya, sehingga tahu tentang digital bagaimana pemasaran dan lainnya. Oleh sebab itu, yang dibutuhkan adalah bantuan dana, dengan sistem itu tidak sulit didapatkan oleh masyarakat khususnya pelaku UMKM.


Seperti diketahui, UMKM yang menjadi salah sektor penting sebagai penunjang ekonomi nasional. UMKM merupakan salah satu motor penggerak ekonomi yang paling efektif.

Dimana berdasarkan data Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), sebelum pendemi, pada 2019 sektor UMKM memberi kontribusi sebesar 60% terhadap pendapatan nasional.

Dan di tahun 2020 kemarin, diperkirakan UMKM masih mampu menyumbang 61 persen terhadap pendapatan nasional meski terdampak pandemi yang cukup parah.

Oleh karena itu, Nasim khan berkometmen akan terus mendorong pelaku UMKM di Dapil 111 Jatim, serta mengawalnya di pusat, baik program-program yang turun serta dana bantuannya.


pewarta: Eko S.
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts