P3A Patirana Makmur Bangun Saluran Irigasi dari Anggaran P3-TGAI

 


BONDOWOSO - Teropongtimur News

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meningkatkan jaringan irigasi dan pemulihan ekonomi perdesaan di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Peningkatan itu jaringan irigasi melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI).


Kementerian PUPR juga membangun infrastruktur kerakyatan seperti jaringan irigasi kecil untuk ke sawah-sawah milik petani. Hal ini program yang dilakukan selain membangun infrastruktur berskala besar, seperti bendungan. 


P3TGAI merupakan pekerjaan perbaikan/rehabilitasi/peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif yang melibatkan masyarakat, untuk mendukung kedaulatan pangan. Petani pekerja diberikan upah harian atau mingguan, sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara musim tanam dan panen.


Salah satu penerima program ini, adalah Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Patirana Makmur, Desa Wonosari Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso, yang diketuai oleh Jamak alias Pak Sofi.

Menurut Jamak alias Pak Sofi, Ketua P3A Patirana Makmur, saat ini pihaknya secara swakelola merealisasikan program tersebut untuk membangun saluran irigasi di area persawahan, tepatnya di RT 16 RW 4 Dusun Mangir, Desa Wonosari.


“Sesuai dengan target pencapaian program ini, kami alokasikan untuk membangun plengsengan sepanjangan 275 meter (kanan-kiri). Hal ini kami lakukan untuk melancarkan air irigasi ke sawah-sawah petani seluas 95 hektar. Bahkan sampai ke desa tetangga,” kata kata Jamak ditemani oleh Dafir, di lokasi pembangunan, Sabtu (22/5/2021).


Dirinya menambahkan, program dengan berbasis peran serta masyarakat petani ini, selain meningkatkan kualitas irigasi pedesaan, juga mengurangi pengangguran selama pandemi covid-19.


"Program P3-TGAI ini, juga membantu masyarakat dalam hal penghasilan. Mereka yang belum bekerja dan terimbas dampak pandemi, bisa dipekerjakan untuk membangun saluran irigasi. Jadi, sangat membantu petani dan masyarakat,” terangnya.


Dirinya juga berharap agar petani untuk membantu merawat bangunan saluran irigasi bersama-sama, agar bisa terus memberikan manfaat kepada petani dalam mengairi sawahnya.


“Mari kita jaga dan rawat aset milik bersama ini. Sehingga bisa mengairi sawah milik petani dan mendongkrak hasil panen petani. Jika hasil panen bagus, tentunya ekonomi dan kesejahteraan petani di Desa Wonosari bisa meningkat,” pungkasnya.

Pewarta : Saiful Donggala

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts