Sikap Tegas social Control Dan Jurnalis Teropong Investigasi Mencari Solusi




Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Menjadi seorang pengkritis sekaligus pengktitik tentunya punya kepribadian anti politik dan anti kepentingan khususnya kepentingan ptibadi .

Menyikapi pemberitaan yang syarat dengan politik sengaja dengan menjatuhkan nama seseorang dan perusahaan pers dengan menulis suatu materi denga judul yang senonoh dalam sebuah kata kata yang tidak pantas untuk dibaca sehingga merugikan seseorang seharusnya di hindari. "Boleh saja, siapapu oknum seorang jurnalis pencari suatu informasi atau berita dengan memberitakan siapapun sepanjang informasi tersebut benar dan akurat tidak merugikan salah satu pihak. Dan atau menulis informasi sebuah kasus tentunya harus ada ketentuan atau putusan dari pengadilan yang berkekuatan tetap atau vonis yang inkrah. Terlebih menulis dengan kata-kata
dengan judul *Bajingan berkedok pers* yang mana perusahaan PT tidak keterlibantan dengan kasus yang diberitakan menurutnya salah. Itu hanya seorang pewarta dungu yang tidak tau aturan hukum. Apalagi seseorang yang diberitakan tersebut belum ada proses penyelidikan dan penyelidikan menjadi terdakwa dan terpidana dalam putusan hukum

Dengan Kasus tuduhan laporan penipuan dan penggelapan mobil kridit macet kan baru sebatas laporan polisi, mengapa terlapor sudah diberitakan melalui media online yang di katakan pembuat berita /pewarta *Bajingan berkedok pers* dalam judul pemberitaannya.

*Pertanyaanya: mobil kridit macet itu di gelapkan apa di tarik oleh leasing.*???

Fakta yang terungkap ternyata mobil itu di tarik oleh leasing perusahaan ACC finance selaku pihak yang sah untuk diamankan. Setelah di amankan tentunya debitur di beri kesempatan untuk melunasi sisa utangnya sesuai prosedur aturan .

Sebagai lembaga control khususnya dikejurnalisan dengan menulis kalimat *Bajingan berkedok pers* seharusnya punya dasar putusan inkrah dari pihak hukum, apa lagi kalimat *Bajingan* ditujukan kepada seseorang dengan mengaitkan nama pers atau perusahaan PT yang sama sekali tidak terlibat dalam permasalahan. Tentunya sebagai narasumber dalam pemberitaan dan pelapor penggelapan harus bertanggung jawab

Atas nama Kru pers perusahaan PT meminta kepada Pelapor penggelapan mobil tersebut harus bisa membuktikan sebagai pemilik yang sah. Tentunya harus bisa menunjukan Bpkb, dan jikalau itu mobil kridit harus bisa membuktikan lunas cicilan di ACC finance.

Seperti yang terlihat pada Senin 24 Mei 2021 Kru lsm yang di ikuti puluhan wartawan melakukan aksi solidaritas kepolres Situbondo untuk mengkanter memulihkan nama baik yang dirugikan dan nama baik perusahaan yang dikait-kaitkan serta mengawal laporan balik pihak yang dirugikan yang sudah dikemas oleh sekjen PT. Bapak Sunanto dan sudah di serahkan ke pihak hukum polres Situbondo diterima dengan cara hormat.
Dengan kejadian ini tentunya semua kru baik social control maupun jurnalis kompak, punya rasa memiliki dengan solidaritas yang tinggi sesama insan pers dalam satu wadah satu bendera, tidak semudah untuk dilecehkan dengan pemberitaan yang bertujuan menjatuhkan, sebelum pihak yang dirugikan diputuskan bersalah oleh pihak yang berwenang yang memiliki kekuatan hukum tetap.

(fiq)
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts