Upaya Pemuda Kotakan Mengapresiasi Benda Bersejarah Di Desanya

 Situbondo Teropong Timur News


Desa Kotakan ternyata memiliki pening­galan-peninggalan masa lalu yang berperan penting pada zamannya. Hampir sama dengan kota-kota lain, Desa Kotakan juga memiliki ciri dan tipologi ter­sendiri. yang menyebabkan Desa ini mempunyai keunikan.

Salah seorang tokoh pemuda di Desa Kotakan Anas Wijaya yang tak lain adalah putra Kades Kotakan mengatakan “banyak warisan di Desa Kotakan  yang sampai saat ini tetap lestari dan merupakan icon kebesaran Desa Kotakan yang mempunyai kekayaan pengalaman sejarah dan kebudayaan, contohnya Petilasan Syaikh Maulana Ishaq, Batu Ronjengan yang dipercaya asal mula nama Desa Kotakan, Makam Buyut Nur Kasiyani yang dipercaya juga adalah pemimpin pertama Desa Kotakan, Sumber Mata Air Banyu Urip yang dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Persoalannya sekarang adalah bagaimana dengan perkembangan modernisasi dan percepatan teknologi dapat melestarikan ciri Desa Kotakan yang unik itu”, ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sejarawan dan Budayawa Situbondo Joko Kussuharto “Konservasi sendiri selain mengembalikan bangunan yang sudah rusak juga merupakan upaya menyelamatkan warisan budaya dari bahaya kepunahan dapat pula memberikan peluang peningkatan pendapatan warga sekitar. Apalagi untuk menyelamatkan data sejarah, data arkeologi, data arsitektur dan data lain untuk sumber-sumber ilmu pengetahuan” tambahya.

Kurangya perhat­ian serius dari berbagai pihak. Joko Kussuharto menyayangkan hal itu terjadi. Bila kita cermati dan perhatikan di berbagai berita yang beredar di masyarakat luas maka kita akan melihat makin banyak kenyataan yang menunjukkan bahwa budaya kita baik berupa kesenian maupun  peninggalan benda-benda bersejarah yang diklaim sebagai peninggalan/warisan leluhur bangsa lain. Dalam melestarikan bangunan lama timbul beberapa  masalah pokok. siapa yang berhak dan harus memutuskan apa yang dilestarikan, untuk berapa lama, dan sejauh mana bagaimana cara memadukan bangunan kuno bersejarah dengan bangunan modern sekaligus memfungsikannya pada masa sekarang dan siapa yang membiayai pelestarian bangunan kuno bersejarah dan siapa yang mem­peroleh keuntungannya, seberapa jauh pembatasan atau perubahan yang diperke­nankan bagi bangunan bersejarah, hak-hak dan tanggung jawab apa yang dipunyai Diharapkan masalah ini memperoleh jawaban dari berbagai pihak.

Menurut Joko Kussuharto Secara sederhana, konservasi adalah upaya pelestarian suatu lingkungan atau bangunan. Konservasi bisa dilakukan pada hal yang berdampak besar pada banyak orang atau memiliki nilai tertentu. Jika membahas mengenai bangunan, tentu tidak akan lepas dari bidang arsitektur meski dalam eksekusinya akan berkolaborasi dengan bidang-bidang lain. Hal yang sama berlaku untuk bangunan bersejarah. perlu adanya upaya presvasi dan konservasi pada kawasan tersebut. Untuk upaya pelestarian sendiri perlu dilakukan upaya keterlibatan pemerintah dan masyarakat selama ini, hingga jelas peran dari masing-masing dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran tersebut.



Pelestarian bukan hanya merupakan upaya pemeliharaan saja, tetapi juga menyertakan kehidupan baru yang sesuai bagi kebutuhan masyarakat dalam bentuk penyertaan potensi masyarakat setempat dan fungsi-fungsi baru. Konservasi dengan demikian merupakan upaya untuk melestarikan, melindungi serta memanfaatkan sumber daya suatu tempat seperti gedung-gedung tua yang memiliki nilai sejarah atau budaya serta kawasan dengan kehidupan budaya dan tradisi yang mempunyai makna tertentu. Dalam  hal pemanfaatan gedung-gedung tua, maka terlebih dahulu perlu adanya upaya penyesuaian kondisi bangunan itu agar dapat diadaptasikan kepada fungsinya yang baru. (red)

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts