Bertemu Paku Buwono XIII, Ketua DPD RI Ingin DPD dan Keraton Nusantara Bangun Keutuhan NKRI



Surakarta,www.teropongtimur.co.id. 


Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattaliti, sowan ke Keraton Surakarta Hadiningrat, Jumat (4/6/2021). Dalam kunjungan ini, LaNyalla menyatakan keinginannya agar DPD RI bisa bersinergi dengan Keraton dan Kerajaan Nusantara. 

LaNyalla hadir bersama rombongan senator lainnya, yaitu Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, Sylviana Murni (Ketua Komite III) Bustami Zainuddin (Wakil Ketua Komite II), Evi Afita Maya (Wakil Ketua Komite III), Senator Jawa Tengah Bambang Sutrisno, Bambang Santoso (Bali), Sekjen DPP Majelis Adat Kesultanan Nusantara (MAKN) Yani WS Koeswodidjoyo.

Rombongan diterima Sri Susuhunan Paku Buwono XIII dan GKR Paku Buwono di Sasana Handrawina. Lengkap dengan para pengageng keraton. Selain gendhing-gendhing Jawa, ditampilkan juga Tari Bambangan Cakil.

Menurut LaNyalla, sinergi DPD serta keraton dan kerajaan nusantara dibutuhkan sebagai penguatan dan reposisi peran Keraton dan Kerajaan Nusantara dalam membangun keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Kami sangat komitmen dalam hal itu. Dan wujud nyata dari komitmen DPD RI adalah kegiatan Kunjungan Kerja kami ke beberapa Keraton dan Kerajaan di Nusantara. Salah satunya sekarang ini ke Keraton Surakarta Hadiningrat," jelasnya.

Sebelumnya, LaNyalla telah menyambangi Kerajaan Sumenep di Jawa Timur, Kerajaan Bulungan di Kalimantan Utara, Kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan, Kerajaan Mamuju di Sulawesi Barat, Kesultanan Tidore di Maluku Utara dan Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur.

Dijelaskannya, Komitmen DPD RI terhadap keraton dan kerajaan Nusantara akan ditunjukkan melalui rencana pertemuan Raja dan Sultan se-Nusantara. Pertemuan yang akan digelar di Jakarta itu, akan dimanfaatkan DPD untuk menyerap aspirasi raja-raja dan sultan-sultan.

“Kegiatan tersebut harus dimanfaatkan untuk menyuarakan kepentingan dan eksistensi Kerajaan Nusantara sebagai bagian dari penguat dan pengikat nilai kebudayaan dan sejarah kelahiran Indonesia,” tutur mantan Ketua Umum PSSI itu.

Sementara Keraton Surakarta, yang diwakilkan KPH Hari Sulistiyono Sosro Negoro, berusaha terus melestarikan kebudayaan, baik dalam tradisi-tradisi, ritual dan pemeliharaan fisik cagar budaya.

Menurutnya, Keraton Surakarta bukan hanya onggokan bangunan kuno tetapi merupakan hasil perjalanan panjang negeri ini selama 3 abad.

"Indonesia bersumber dari Mataram. Keraton Surakarta merupakan ibukota terakhir negari Mataram setelah pindah-pindah. Keraton Surakarta penerus langsung dari Majapahit lewat keturunan Singosari," kata Sosro Negoro.

Dijelaskannya, Keraton Surakarta bukan hanya hanya saksi sejarah tapi juga pelaku sejarah Indonesia. 

"Tak sedikit yang sudah diberikan ke NKRI baik semasa perjuangan  maupun kemerdekaan. Jadi tidak perlu diragukan lagi peran Keraton Surakarta bagi negeri ini," ujarnya.

Pewarta : MH

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts