Kasus Transaksi Jual Beli Tebu, Polres Bondowoso Berpotensi Melanggar Ham




Bondowoso,www.teropongtimur.co.id.


Kinerja APH (Aparat Penegak Hukum) Wilayah Polres Bondowoso Jawa Timur dalam penanganan status tersangka terhadap pasutri atas nama  NW dan M berpotensi melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 21/PPU.XII/2014.

Status tersangaka yang berjalan lebih kurang empat (4) tahun lamanya atas peristiwa Hukum dimulainya penyidikan laporan YH tahun 2017 persoalan taransaksi jual beli tebu yang di kenakan pasal 378 KUHP.

Data yang di himpun media Teropong Timur News, (Taufiq, status tersangka kedua orang tersebut pernah di keluarkan oleh Kasat Reskrim AKP, ADE WAROKA pada saat menjabat di Polres Bondowoso sumber detik news tahun 2018.

Dalam pergantian kasat reskrim status tersangka di jadikan Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kasat Reskrim AGUNG ARI BOWO, SH. MM tahun 2021 potensi ada pelanggaran HAM

Dalam bunyi putusan MK tersebut memberikan interpretasi yang lebih kongkrit terhadap pasal 14, pasal 17 dan pasal 21 KUHP yang pada pokoknya menetapkan tersangka minimal harus di penuhi dua alat bukti, akan tetapi batasan lamanya seseorang menyadang status tersangka maka dapat berpotensi terjadinya pelanggaran HAM

Teropong timur news mencoba menggali informasi lebih dalam lagi kronologis yang di gali dari berbagai sumber yang termasuk dari sumber pemberitaan di media onlain yang beredar di medsos.

Kasus transaksi jual beli tebu peristiwanya terjadi pada tahun 2013, NW adalah pemilik tebu, sedang YH adalah pembeli yang melibatkan pihak lain LT infonya sebagai pemodal (BOS).

YH adalah tengkulak tebu bukan pemilik modal menurut sumber peristiwa penebangan tebu, pengiriman tebu ke Pabrik gula di lakukan oleh tengkulak YH sendiri, akan tetapi bukti surat Netto timbamgan dari pabrik gula tidak di tunjukan oleh tengkulak SY kepada NW selaku pemilik tebu .

Dalam peristiwa niaga atau bisnis tebu tersebut YH sebagai tengkulak tidak memberikan bukti nota netto timbang tebu dari Pabrik Gula tempat tebu di timbamg yang di minta oleh NW akhirnya terjadi muskomunikaski perdagangan, tengkulak menuntut penjual tebunya tidak sesuai nilai transaksi yang di sepakati .

Tengkulak bersikukuh menuntut penjual, dan penjual juga bersikukuh meminta bukti nota netto timbang tebu dari pabrik gula atas tebu miliknya yang telah di jual agar jelas duduk persoalanya, kalau benar tebu tersebut tidak sesuai transaksi juga biar jelas, "kata sumber

Disisi lain ada sumber yang mengatakan tengkulak tersebut mendangi pembeli untuk menagih dan penjual karena ada etika baik di bayar dan penjual selaku menanyakan bukti nota netto timbang tebu akan tetapi tetap tidak di berikan, singakat cerita sumber tengkulak datang lagi dengan membawa pihak ketiga yang katanya pemodal untuk menagih, penjual mengatakan kalau anda (tengkulak ) tidak mau memberikan bukti nota netto timbang tebu dari pabrik gula saya tidak mau bayar, kalau anda mau lapor silahkan lapor, "ucap sumber.

Status tersanka atas laporan tengkulak tebu ke polres Bondowoso tahun 2017 dalam peristiwa tata niaga dagang transaksi jual beli tebu yang terjadi muskomunikasi bukti nota netto timbang tebu dari pabrik gula penyidik polres Bondowoso menetapkan pasutri pemilik tebu tersangka melanggar pasal 378 KUHP selama hampir 4 ( enpat) tahun lamanya, dan di perberat statusnya sebagai DPO oleh penyidik polres Bondowoso, AGUNG ARI BOWO, SH.MM. 

Mendengarkan nasip warga negara yang mencari keadilan dalam kepastian penegakan hukum di Kepilisian Negara Republik Indonesia khususnya Polres Bondowoso sesuai peraturan Kapolri nomor 14 tahun 2012 tentang menejemen penyidikan perkara pidana, karena di duga kuat kasus tersangka yang 4 tahun lamanya dan di naikan menjadi DPO berpontensi melanggar Hak Asasi Manusia ( HAM) semoga kasus ini di dengar oleh pihak kapolri

fiq /team.
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts