Ngintip Keberadaan Kuburan Cina diperkampungan Desa Peleyan

 Situbondo, Teropong Timur News



Sebuah perkampungan yang berada di Situbondo yaitu Desa Peleyan Kecamatan Panarukan. Informasi yang dihimpun Teropong Timur News, Kuburan Cina ini keberadaannya sudah tidak terawat kuburan yang berada di tengah tengah perkampungan. Bahkan, ada beberapa rumah yang lokasinya berhimpit dengan kuburan.

Menurut, seorang warga, pemakaman Cina banyak betebaran di desanya termasuk di dekat tugu portugis. Kondisi kuburan China yang berada di Desa Peleyan Situbondo sangat memprihatinkan dengan nisan rusak, ditumbuhi tanaman liar, tanah ambles, dan dipenuhi sampah. Keberadaan Permakaman China tersebut banyak yang belum tahu kapan dibangun.

Pujianto seorang warga saat ditanya apakah tidak seram kuburan ini berada di areal perkampungan “Sekarang sudah padat, tidak seram,” ungkapnya. Jika dilihat dari situasi dan kondisi, kuburan Tionghoa dan kuburan biasa memang terbilang sangat berbeda. Sejak dulu, tradisi Tionghoa percaya bahwa seseorang yang telah meninggal hanya berpindah dimensi ke kehidupan lainnya. Artinya, mereka percaya bahwa kerabat yang telah meninggal masih membutuhkan tempat tinggal dan segala kebutuhan hidup layaknya di dunia. Nampak Makam dibuat menyerupai sebuah bangunan tempat tinggal, tersedia pula teras atau altar yang dipercaya sebagai bentuk penghormatan pada leluhur.

Yang membedakan kompleks pemakaman ini dengan pemakaman lain pada umumnya adalah adalah ada bekas yang dipercaya  lahan tempat abu jenazah disemayamkan walaupun bangunanya telah rusak, di hias keramik atau bahkan sampai batu marmer. Ada pula disekitar makam tersebut diberi ornamen-ornamen penghias seperti patung-patung,  dan masih banyak yang lainya.

Pewarta : yadik

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts