Jadi Tersangka Suap Seleksi Jabatan, Bupati Probolinggo Dan Suaminya Ditahan KPK



Lampung,www.teropongtimur.co.id


Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya menetapkan Bupati Probolinggo, Jawa Timur, Puput Tantriana Sari dan suaminya, Hasan Aminuddin, sebagai tersangka kasus dugaan Korupsi jual beli jabatan Kepala Desa.

Hasan adalah anggota DPR RI Fraksi NasDem, yang juga dua kali menjabat sebagai Bupati Probolinggo (2003-2008 dan 2008-2013).

"Sebagai penerima ada HA , kemudian PTS ," ujar Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Selasa (31/8) dini hari.

Dua tersangka penerima suap lainnya yakni Camat Krejengan Doddy Kurniawan dan Camat Paiton Muhamad Ridwan.

Dalam paparannya, KPK menjelaskan, kasus yang menjerat para tersangka adalah jual beli jabatan Kepala Desa. Para calon Pejabat Kepala Desa juga diwajibkan memberikan dan menyetorkan sejumlah uang.

Adapun tarif untuk menjadi Pejabat Kepala Desa sebesar Rp 20 juta, ditambah dalam bentuk upeti penyewaan tanah kas Desa dengan tarif Rp 5 juta/hektare, "ungkap Alex.

KPK menduga ada perintah dari Hasan memanggil para camat untuk membawa para Kepala Desa terpilih dan Kepala Desa yang akan purnatugas. Namun, para Kades itu tidak menemui Hasan langsung tapi dikoordinasi melalui camat.

Pada Jumat (27/8) lalu, 12 Pejabat Kepala Desa menghadiri pertemuan di salah satu tempat di wilayah Kecamatan Krejengan, Probolinggo. Dalam pertemuan itu diduga telah ada kesepakatan untuk memberikan sejumlah uang kepada Tantriana melalui Hasan dengan perantaraan Doddy.

Dari yang hadir ini telah disepakati untuk masing-masing menyiapkan uang sejumlah Rp 20 juta sehingga terkumpul sejumlah Rp 240 juta.

Bupati Probolinggo dan suaminya yang anggota DPR adalah pejabat dengan harta miliaran rupiah.


Pewarta: Dona p
Editor pusat: Buang Arifin / media cetak & onlin teropong timur news

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts