KESIAPAN MENGHADAPI ERA GLOBALISASI INFORMASI OLEH H.NAWIRYANTO WINARNO SE.


catatan kecil buat sang jurnalis part 1


Menyikapi perkembangan tehnologhi komunikasi dan informasi pada konteks dewasa ini tentunya perlu kita gali dan kita kaji lebih dalam lagi tentang seberapa jauh kwalitas pemaparan berita yang sifatnya multicomplek yang telah kita haturkan pada khalayak. Mengapa demikian...?. Pada era sekarang ini kita (wartawan) harus menyadari betul akan besar kecilnya konsumen pembaca media cetak yang nyaris habis terkikis oleh berita berita multi cepat, khususnya yang terpapar melalui media sosial yang tersebar luas diseluruh pelosok dunia dan hampir disemua lapisan masyarakat, sehingga media cetak tertinggal beberapa langkah.

Hal ini yang menjadi tantangan terberat bagi seorang jurnalis, khususnya jurnalis yang berkiprah di media cetak ( koran, tabloid dan majalah). Kita sadar, media cetak tidak bisa membuat berita menjadi viral dengan cepat, karena viralnya berita berita sudah dimiliki oleh media sosial (medsos). Lalu dengan cara apa berita yang kita kemas sedemikian rupa mampu menembus dan menyerap daya baca khalayak dan agar media cetak tetap ditunggu tunggu oleh konsumen sebagai sesuatu yang penting untuk diketahui.

Hal ini yang sangat perlu kita fikirkan kedepan. Karena prinsip wartawan; " Wartawan tidak pernah mati". Sepanjang dibumi ini masih ada nafas kehidupan wartawan akan tetap hidup, dari masa kemasa dari generasi kegenerasi. Wartawan harus tetap dinamis, konstuktif dan harus tetap punya dedikasi yang mampu menarik simpati khalayak.


Ada beberapa ciri kedinamisan (resilience) yang pernah ditulis oleh Fox (1995). "Mereka memilih keputusan untuk melangkah maju., Mereka menghindari keputusan untuk berhenti atau mundur, (stepping forward).

*Mereka punya kemampuan dalam menyerap pelajaran positif dibalik kekacauan (learning from choos).

*Mereka punya kemampuan dalam menyeleksi materi yang ditekuni (selective learner).

*Mereka berfikir dalam konteks peluang kemampuan, kemungkinan dan menjauhi fikiran fikiran tentang keterbatasan, kekurangan atau ketidakmampuan, (opportunity and pissibility approach)

*Mereka punya dorongan untuk menghasilkan perbedaan yang unik, (creative people)

*Mereka memuncukan banyak alternatif dan opsi untuk bisa sampai pada sasaran yang dituju,
(explorer people)


*Mereka punya keyakinan yang kuat bahwa dirinya mampu mewujudkan apa diinginkan, (the "I can" mental attitude).

Dari beberapa ciri ini maka dengan mudah mengetahui kredibilitas kita dan orang lain secara vulgar. Karena ciri ciri semacam ini adalah sebuah sistem bahwa seorang individu sudah melewati tahapan kehidupan ; pola fikir positif dan perspektif hidup yang positif, tidak konformistis (budaya ikut ikutan),- mystic experience (pengalaman keTuhanan yang berkwalitas dan mencerahkan), filosofisy humour ( humor yang filosofis), dan sanggup mengaktualisasikan potensi dirinya, (selfactualizition)

Dan jika sistem ini sudah ada disaku jiwa kita masing masing berarti kita sudah memiliki tali rajut yang super sensitif kepada kepada makhluq dan penciptanya. Sehingga ada kesan dan pesan abadi disetiap perjumpaan dengan siapapun, karena kita sudah mampu menanamkan benih benih simpati dimanapun kita mengenal orang. Rajutan tali jiwa kita sudah menyatu dengan setiap individu. Hal yang demikian akan mampu membuahkan pemikiran positif bagi khalayak. Kehadiran kita selalu diharapkan, karena jiwa mereka sudah terobsesi oleh etikat baik kita, pola fikir kita, gagasan, motivasi dan pengalaman spuritual kita yang berkwalitas dan memadai.

Dan jika kehadiran kita selalu diharapkan tentunya apa yang kita "bawa" pasti akan digarapkan pula.
" Jangan hanya menenggelamkan diri pada kesibukan demi kesibukan, tapi bertanyalah tujuan dari kesibukan yang anda jalani"


( Thomas Alva Edison ).
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts