Lakukan Audiensi Fish On Bersama Bupati Hendy Siswanto

Teropong jbr – Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto melaksanakan audiensi dengan jajaran manajemen perusahan startup Fish On di Pendopo Wahyawibawagraha, Senin (16/08/2021).

Fish on adalah perusahaan startup yang menawarkan kemudahan bagi nelayan melalui aplikasi buatan mereka. Melalui aplikasi tersebut, setiap nelayan yang tergabung dapat dengan mudah mengetahui posisi ikan sehingga penangkapan lebih maksimal, juga disediakan fasilitas penjualan ikan langsung dari aplikasi serta fasilitas penyimpanan ikan untuk memastikan ikan tetap segar dalam waktu yang lama.

Audiensi tersebut juga dihadiri secara daring Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenkomarves RI, Drs. Dedy Miharja, M. Si beserta jajarannya.

Bupati Hendy menyampaikan beberapa rencana terkait pemanfaatan daerah pesisir, salah satunya rencana inventarisasi pesisir.

Inventarisasi tanah pesisir merupakan program pengambil alihan hak pengelolaan tanah pesisir di sepanjang garis pantai di Kabupaten Jember.

Bupati sudah membentuk tim inventarisasi tanah pesisir terdiri dari Asisten Pemkab Jember, jajaran BPN Jember, Dandim, Kajari, Kapolres, Kabag Hukum, Kabag Tapem, Kadin. Kelautan dan Perikanan serta para camat di daerah pesisir.

“Pemkab Jember akan inventarisasi seluruh wilayah pesisir untuk diambil hak kelolanya, 100 meter dari bibir pantai itu milik Pemerintah Daerah, untuk apa, untuk kami kelola menjadi wisata bahari, pabrik, dan lainnya atas nama Pemkab Jember, bukan perseorangan,” jelas Bupati Hendy dalam forum audiensi tersebut.

Dengan pengelolaan oleh pihak Pemkab Jember, maka Bupati Hendy dapat memaksimalkan potensi tersebut untuk pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jember. Kemudian PAD tersebut bisa disalurkan kembali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan mengurangi angka kemiskinan.

“Sektor kelautan potensinya luar biasa, ini akan memaksimalkan PAD kita dan kami kembalikan kepada warga Jember, caranya bagaimana ya Pemkab Jember harus menguasai dulu kawasan tersebut untuk kemudian dikelola,” sambungnya.

Apabila Pemkab Jember sudah menguasai seluruh wilayah pesisir, maka akan memudahkan untuk mengembangkan potensi kelautan, membangun dermaga,membuat sentra budidaya ikan, wisata bahari untuk kemakmuran masyarakat Jember.

“Setelah kami inventarisasi, baru kami kelola sendiri, dan juga kerjasamakan dengan pihak ketiga. Hasil laut akan kami produksi menjadi barang jadi, hasil laut juga akan kami bawa ke kota agar masyarakat kota Jember juga bisa menikmati ikan segar, semuanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jember,” ungkapnya. (brt)

 

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts