Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia ( PABPDSI ) Banyuwangi Bersinergi Dengan Askab Demi Kemajuan Desa



Banyuwangi.www.teropongtimur.co.id.


Bertempat di pendopo rumah Kepala Desa Aliyan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi jajaran pengurus harian Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banyuwangi menggelar audensi dengan segenap jajaran pengurus ASKAB Kabupaten Banyuwangi. Senin(23/8/2021).

Jajaran pengurus PABPDSI dan jajaran penguran ASKAB menggelar pertemuan untuk menyatukan visi dan misi yang sama untuk bersama - sama membangun dan memajukan desa. BPD sebagai mitra kerja pemerintahan desa melaksanakan tugas dan fungsi BPD sesuai amanat UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa sesuai pasal 55 dan Permendagri No. 110 Tahun 2016 tentang tugas Badan Permusyawaratan Desa pada pasal 31 menyebutkan bahwa, Badan Permusyaratan Desa mempunyai fungsi;
a). membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa.
b). menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa; dan
c). melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Ketua ASKAB Kabupaten Banyuwangi, Anton Sujarwo. SE, menyambut baik dan positif kedatangan dari jajaran pengurus PABPDSI Banyuwangi, "Ini merupakan suatu kehormatan dan angin segar bagi kami dari jajaran pengurus ASKAB Kabupaten Banyuwangi, bisa bertemu langsung dan berdialog dengan jajaran pengurus PABPDSI Banyuwangi, "kata Anton.

Lebih lanjut Ketua ASKAB Kabupaten Banyuwangi mengatakan, "Kami berharap agar sinergitas antara PABPDSI dan ASKAB Banyuwangi bisa terjalin dengan baik dan berkelanjutan. Segala program-program yang ada di desa bisa berjalan dengan baik, tentu tidak lepas dari koordinasi dan komunikasi yang baik antara BPD dan Pemdes. Sehingga kita bisa bersama-sama membangun dan memajukan desa demi kesejahteraan masyarakat. Karena BPD sebagai mitra kerja pemerintahan desa.,"ujar Ketua ASKAB.

Misnadi. SH, selaku Ketua Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Banyuwangi dalam paparannya menyampaikan, "PABPDSI lahir sebagai wadah BPD se-Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 25 Kecamatan dan 189 desa. Bertujuan untuk menjalin sinergitas yang baik dengan pemerintahan desa. Demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa, juga membantu permasalahan hukum, memberi masukan,saran atau pendapat dan siap menjadi lawyer atau pengacara bila dibutuhkan secara gratis. Dan kami bukan mencari sensasi atau kepentingan politik apapun, "katanya.

Misnadi juga mengatakan, "PABPDSI Banyuwangi mempunyai program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Program jangka pendek PABPDSI Banyuwangi antara lain; melakukan audensi dengan ASKAB dan Bupati Banyuwangi untuk menyampaikan beberapa hal. Pertama, menyampaikan keberadaan dan kepengurusan PABPDSI Banyuwangi yang sudah mempunyai AD/ART serta mempunyai kepengurusan dan SK yang jelas, baik ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun ditingkat Pusat yang sudah dinyatakan sah secara hukum. Kedua, melakukan penyuluhan dan pemahaman hukum tentang Perda,karena BPD sebagai mitra kerja pemerintahan desa ke masing - masing desa. Ketiga, menginventarisir berapa jumlah BPD dari 189 desa se -Kabupaten Banyuwangi yang bergabung ke PABPDSI Banyuwangi, "imbuhnya.

Wakil Ketua PABPDSI Banyuwangi, Supriyadi. SH,menambahkan jika ada permasalahan hukum yang ada di desa, "Kami pengurus PABPDSI banyak yang menjadi lawyer atau pengacara. Jika desa perlu bantuan hukum kami siap membantu. Juga siap menjadi mediator atau nara sumber jika ada perbedaan pendapat antara BPD dan Pemdes, "tegasnya.

Sekretaris ASKAB Kabupaten Banyuwangi, Muksin. SPDi, megatakan, "Sekarang kami lega sudah ada simitri atau sinergi yang baik antara PABPDSI dan ASKAB untuk bersama-sama membangun dan memajukan desa dengan menjalin koordinasi dan komunikasi yang baik. Dan kami sepakat dengan adanya MOU antara PABPDSI dan ASKAB Kabupaten Banyuwangi, "kata Kades Sidowangi. (Gus)
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts