Polda Bali Terima Dua Laporan Dugaan Tindakan Makar Sekaligus


foto:Rico Ardika Panjaitan SH  (Kuasa Hukum / pelapor )


Bali,www.teropongtimur.co.id.


Dua tokoh pimpinan ormas Patriot Garuda Nusantara (PGN ) Bali Gus Yadi dan Rico Ardika Panjaitan SH sama sama melaporkan atas dugaan tindakan makar ke Polda Bali pada 2 Juli 2021.

Dua pelaporan dugaan tindakan makar atas NKRI tersebut sudah di terima oleh Polda Bali dan tanda bukti laporan pengaduan masyarakat sudah di terima oleh para pelapor.

foto surat laporan Riko Ardika Panjaitan SH

Rico Ardika Panjaitan SH adalah ketua Devisi hukum PGN Bali melaporkan oknum direktur LBH Bali Ni Kadek VP SH yang di duga melakukan tindakan makar dan permufakatan makar Dumas /539/VIII/2021/SPKT/POLDA BALI ,oleh Brigadir Polisi Kepala I Made Arta Sutiyawan 2/8/2021.

"Lanjut Rico oknum LBH tersebut saya laporkan di duga melanggar hukum pasal 106 KUHP, pasalnya LBH tersebut memfasilitasi aliansi Mahasiswa Papua Komite Kota Bali ( AMP- KKB) berdemontrasi papua merdeka di halaman kantor LBH jalan Plawa denpasar 31/5/2021 dan alat buktinya sudah di terima Polda Bali tegasnya.

foto surat laporan Gus Yadi

Di sisi lain Panglima komando wilayah ( pangkowil ) PGN Bali Gus Yadi laporanya Dumas 538/VII/2021/SPKT/POLDA BALI di terima oleh A.A Gede Permana Putra 2 Agustus 2021.

Kepada awak media Gus Yadi dengan tegas mengatakan Polda Bali harus menagkap oknum YK, YTG, JSD dan NB, pasalnya di duga empat orang tersebut di duga profokator pemecah belah NKRI berkedok mahasiswa AMP -KKB di wilayah Bali.

Di tambahkan Dokumen AMP - KKB jelas makar ,dan dokumen tersebut menjelaskan papua merdeka sejak 1 Desember 1961, di samping itu tidak mengakui Merah putih, negara dan bangsa indonesia serta lagu Indonesia Raya serta Pancasila itu jelas .

foto bendera bintang gejora

Mereka sembunyi sembunyi deklarasi papua merdeka, membentangkan bendera bintang kejora di wilayah Bali mengatasnamakan AMP - KKB salah satu bentuk melawan negara alias Makar ,menyuarakan papua merdeka ,mengatakan 1 desember 1961 kemerdekaan papua jelas pengkhianat UU 1945, "tegas gus Yadi .

Dalam laporanya Gus Yadi minta institusi kepolisian khususnya Polda Bali menagkap empat orang tersebut dan mengembalian mahasiswa papua sebagaimana fungsinya sebagai Intelektual, terpelajar dan belajar di Bali, "pungkas Panglima PGN Bali yang akrap di sapa Gus Yadi.

Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Bali yang dalam hal ini direktur atas nama Ni Kadek Vany Primaliraing, S.H., atas dugaan tindak pidana Makar yang diatur dalam pasal 106 KUHP Indonesia dan Dugaan pemufakatan Makar pasal 110 KUHP

Atas dugaan tersebut yang bunyinya: "Makar dengan maksud untuk memisahkan sebagian wilayah negara dari yang lain, diancam dengan pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun

1). YLBHI Bali telah dengan jelas memberikan fasilitas dan pendampingan bagi AMP yang dimana dalam orasi AMP mengandung pembebasan Papua dan Papua Barat;

2). Dalam orasi 31 Mei 2021 di YLBHI Bali, jelas bahwa orasi dan nanyian AMP Bali sangat memenuhi unsur pasal 106 KUHP;

3). Seorang kuasa hukum memang tidak identik dengan klien, akan tetapi kuasa hukum pasti dan harus tau kronologis dan apa yang akan disampaikan kliennya sehingga penerima kuasa memberi nasehat hukumnya;

Saya juga melampirkan apa yang di Post oleh akun instagram LBH Bali, dimana foto tersebut telah dengan jelas mempertontonkan bendera Bintang Kejora dengan gambar karikatur;

5). Artinya dapat diduga YLBHI Bali turut serta, memfasilitasi, memperlancar atau mempersiapkan sebagaimana diatur dalam pasal 110 KUHP.

"Sehingga hemat saya sangat perlu sebagai warga negara yang menjunjung tinggi Konstitusional Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk angkat bicara dan menggunakan aturan hukum yang ada sebagaimana negara hukum pada umumnya.

Terlepas di papua atau papua barat ada pelanggan HAM berat silahkan proses secara prosedur hukum yang ada, tapi untuk merdeka tunggu dulu Papua dan Papua Barat masih wilayah administratif Negara Kesatuan Republik Indonesia dan diakui oleh PBB, "Tegas Rico Ardika Panjaitan SH



pewarta: Redaksi/ biro Bali
Editor: buang Arifin
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts