Tujuan Kekompakan Dan Kebersamaan Dalam Organisasi



Bali,www.teropongtimur.co.id.


Kebersamaan dalam kekompakan seolah menjadi impian disetiap orang yang diharapkan akan menjadi kenyataan untuk menghadirkan dan mempertahankan rasa kepedulian dan kasih sayang serta saling menghormati. Dalam hidup diperlukan kekompakan dan kebersamaan untuk menyatukan disetiap organisasi. dengan adanya kekompakan dan kebersamaan organisasi atau tim akan solid dan kompak sehingga dapat mencapai tujuan bersama secara maksmial.


Bekerjasama merupakan kunci keberhasilan untuk mencapai sebuah cita-cita besar. Kebersamaan dan kekompakan perlu kita lakukan untuk membesarkan diri kita dan orang lain. Dengan kebersamaan maka persatuan dan kesatuan akan semakin kokoh. Serta sikap-sikap positif dari setiap individu juga diperlukan untuk menjaga dan mempererat kebersamaan dan kekompakan diantara sesama, juga perlu memiliki sikap saling menghargai dan saling mengerti sehingga dapat mempertahankan keutuhan dan kekompakannya.

Kita sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari interaksi dengan sesama dan bersosialisasi yang merupakan kebutuhan dasar yang telah ada pada diri setiap insan. Artinya,... kita memerlukan kebersamaan dan kekompakan untuk menjaga kerukunan satu sama lain. Hal ini sangat penting artinya dalam menjaga hubungan dengan sesama agar semakin erat dalam persaudaraan dan saling pengertian diantara sesama. Selain itu kebersamaan dan kekompakan juga sangat diperlukan untuk mencapai suatu tujuan


Ada beberapa cara untuk menjalin kebersamaan yang kompak dapat kita lakukan melalui sebuah organisasi. "Juga diperlukan kesadaran untuk saling menghargai, saling mengerti diantara sesama lain agar bisa bertahan agar tidak tercerai-berai dan tetap menjaga keutuhan sebuah organisasi. Sikap positif sangat diharapkan dengan saling menghargai, berjiwa besar (sportif), mau menerima kritikan, saling menghormati, saling memaafkan serta saling melindungi. Itu semua cara terbaik untuk menjaga kebersamaan, kekompakan dan keutuhan bersama sehingga tercipta organisasi yang solid, kompak, damai dan tenteram.

Kebersamaan belum berarti selalu bersama kapanpun dan dimanapun. Kebersamaan adalah awal dari terciptanya kedamaian hidup antar manusia yang menjadi dasar terciptanya kekompakan. Sedangkan kebersamaan adalah segala sesuatu yang kita lakukan dan pikirkan selalu melibatkan orang lain, karena dampak dan hasilnya selalu dapat dirasakan bersama baik suka maupun duka, serta kita selalu merasa tenang dalam melakukannya karena hati kita selalu merasa bersama.


Kebersamaan dan kekompakan memiliki hubungan yang erat. Tanpa ada kebersamaan, tidak akan ada kekompakan, begitu pula sebaliknya. Kebersamaan dan kekompakan dapat tercipta dengan adanya kesamaan. Kekompakan dan kebersamaan tidak hanya dapat tercipta dalam suatu kelompok kecil, melainkan juga dalam suatu kelompok besar.

Kekompakan memiliki dampak positif dan negatif, dampak positifnya adalah terjalinnya hubungan yang baik antar anggota atau manusia yang menyebabkan terciptanya kerukunan dan adanya sikap mau mengalah serta mengurangi kesalah pahaman. Dampak negatifnya adalah ketika kekompakan yang dianut dalam artian yang salah


Hal-hal yang perlu diperhatikan agar suatu kelompok itu baik adalah tetaplah bersikap baik, miliki inisiatif untuk saling menolong dalam menciptakan kebersamaan dan kekompakan, bangun relasi antar kelompok dengan baik, hindari sifat iri, hindari sifat sok berkuasa dan yang terutama adalah tetap jaga kebersamaan dan kekompakan yang telah dibangun. Tingkatkan rasa kebersamaan dan kekompakan! Tanpa dua hal itu apapun yang kita lakukan akan terasa susah. Dengan adanya kebersamaan dan kekompakan, kita akan merasa nyaman, segala sesuatu terasa mudah dan kita tidak perlu menanggung beban atau masalah sendirian.

Tingkatkan kebersamaan dan kekompakan demi kepentingan bersama. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.Tak ada gading yang tak retak, tak ada orang yang sempurna, belajarlah untuk memahami orang lain, dan terus jaga kebersamaan dan kekompakan


Penulis: H. Nawiryanto Winarno SE
Editor pusat PT. teropong post jaya, media cetak & online teropong timur news: Buang A
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts