Kodim 0822 Bondowoso Bagikan 200 Jamban Bagi Warga Kurang Mampu



Bondowoso,www.teropongtimur.co.id.


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan cerminan pola hidup keluarga yang senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Mencegah lebih baik daripada mengobati, prinsip kesehatan inilah yang menjadi dasar pelaksanaan Program PHBS. PHBS dapat dilakukan di rumah tangga, di tempat umum, di sekolah. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah PHBS dalam lingkungan rumah tangga yang berkaitan dengan penggunaan jamban sehat.

Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Kav Widi Widayat, ST., yang diwakili oleh Pasiter Kapten Arm Yonaidi Desianto membagikan 200 jamban kepada warga yang kurang mampu, Selasa (11/01/2021).
Dalam keterangan Pasiter Kodim 0822 mengatakan, "Kegiatan tersebut sesuai dengan program yang dicanangkan Mabes TNI AD.
"Di Indonesia, warga yang tidak punya jamban mencapai 25 persen dari total penduduk. Artinya, 80 juta penduduk Indonesia masih belum punya jamban," katanya.

Saat ini memang masih menjadi masalah serius di banyak negara berkembang, seperti Indonesia. Masih tingginya angka buang air besar pada sebarang tempat atau open defecation, menjadi salah satu indikator rendahnya akses ini. Termasuk dalam pengertian ini meliputi jenis pemakaian atau penggunaan tempat buang air besar, jenis kloset yang digunakan dan jenis tempat pembuangan akhir tinja. Adapun dampak buruk dari BAB pada sembarang tempat adalah penularan penyakit, mengingat adanya transmisi penyakit dari tinja.

Padahal, lanjut dia, organisasi kesehatan internasional World Health Organization (WHO) merekomendasikan pembangunan sanitasi berupa jamban agar pencapaian masyarakat sehat bisa terwujud. "Gerakan sejuta jamban bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat yang kurang mampu. Gerakan ini juga menjadi satu program di bidang Bhakti TNI kepada warga, " imbuhnya. 


Sumber: Pendim 0822 Bondowoso / Eko
Editor: Buang A
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts