Korban APG Semeru Lumajang Membutuhkan Uang Tunai



Lumajang,www.teropongtimur.co.id.


Masyarakat Korban Awan Panas Guguran (APG) Semeru Lumajang Jawa Timur saat ini membutuhkan uang tunai guna melengkapi kebutuhan sehari hari setelah harta benda dan saudara mereka menjadi korban erupsi.

Menurut Muhammad Hasan Warga Dusun Curahkobokan Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo Lumajang mengatakan semua harta benda dan mata pencarian mereka habis akibat erupsi Semeru yang terjadi 04 Desembar lalu.

Sehingga mereka harus tinggal di pengungsian dan tidak mendapatkan penghasilan, selain juga masih trauma kejadian erupsi Semeru untuk berkatifitas kembali.

"Para Korban Erupsi Semeru membutuhkan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan sehari hari mereka, para korban membutuhkan uang tunai untuk kebutuhan jajan anak dan bensin untuk mengantar jemput anak sekolah serta untuk menengok keluarga lain dan bepergian ke rumah mereka yang sudah luluh lantak, "Katanya Senin (10/01/2022)

Muhammad Hasan sebelum kejadian erupsi Semeru menjadi seorang pekerja keras yakni menjadi petani Palawija dengan kehidupanya yang cukup dari sisi ekonomi namun pasca erupsi dua hektar tanaman Cabai dan Cengkeh tetimbun APG Semeru dan lahanya menjadi rusak dan mati serta kondisinya tandus sementara ini.

Kondisi demikian menjadikan korban erupsi semeru benar benar terpuruk dalam keterbatasan ekonomi sehingga sementara ini harus adanya keperdulian dari Pemerintah maupun pihak lain untuk memenuhi kebutuhan warga sementara.

Muhammad Hasan beserta pengungsi lain saat ini berada di Desa Sumberjo Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang tidak bisa berbuat banyak pasca kejadian erupsi Semeru.

Sementara itu Sekertaris Daerah (sekda) Lumajang Agus Triono ketika dikonfirmasi teropongtimur.co.id, mengatakan, jika pihak pemerintah masih akan me ngkomunikasikan ulang atas permintaan warga tersebut dan sejauh ini pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi kewajiban yakni menampung warga yang rumahnya terdampak erupsi dan telah mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari melalui dapur umum serta segera membangunkan hunian sementara bagi mereka agar segera bisa hidup semestinya.

"Sejauh ini pemerintah telah memenuhi kebutuhan mereka korban APG Semeru, dengan menyiapkan hunian sementara maupun kebutuhan sehari hari, "Jelasnya.


Reporter:Djaka Pratama.
Editor: Pusat PT. Teropong Post Jaya, Media Cetak & Online Teropong Timur News
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts