"Proyek reklamasi di Pasir Putih dipertanyakan ??"

 


Situbondo, www.teropongtimur.co.id

Situbondo, Selasa, 15 Februari 2022

Awak media Teropong Timur News mempertanyakan ijin reklamasi di desa Pasir Putih, kecamatan Bungatan, Situbondo kepada mekanik ekskavator (Arik) yang sedang bekerja mengeruk pasir di pantai untuk dibuat menimbun batu-batu bolder.

 

Saat ditemui dan dimintai keterangannya Arik yang mengaku bersal dari Malang (mekanik ekskavator) bekerja untuk Jasalindo yang beralamat di Surabaya, "saya bekerja untuk Jasalindo, ijin reklamasi ada, batu boulder di sub oleh pak Kholik dan ijin tambangnya legal, panjang reklamasi 1,5 km, proyek wisata tirta selaku anak perusahaan dari Jasalindo dikerjakan sebagai persiapan PON" ujarnya.

Awak media akan meminta informasi, klarifikasi by data kepada pimpinan Jasalindo tentang kelegalan dan keabsahan ijin reklamasi dari menteri Kelautan dan Perikanan, Gubernur Jawa Timur,  Bupati Situbondo apakah benar-benar ada, resmi dan legal ?? juga kontrak kerjasama pengiriman batu boulder apakah ada ?? ijin tambang Kholik yang disebut namanya oleh Arik (mekanik ekskavator) saat diwawancarai awak media, apakah ada ijin tambangnya dari kementerian ESDEM dan apa ijinnya yang dikantongi pak Kholik masuk klasifikasi ijin tambang batu boulder ??


Yang menjadi pertanyaan besar awak media Teropong Timur News adalah saat menyaksikan langsung pengerjaan pengerukan pasir laut oleh alat ekskavator ditemui pemandangan trumbu karang yang diduga rusak akibat kegiatan pengerukan dengan alat berat ekskavator, apakah hal ini tidak merusak ekosistem kehidupan  yang ada di dasar laut ?? Apakah hal ini didiga sengaja dibiarkan ??Kenapa pasir yang digunakan mengambil dari dasar laut ?? Kenapa tidak menyuplai pasir dari luar lokasi proyek ??

Awak media Teropong Timur News meminta agar  masyarakat Situbondo ikut berperan aktif mengontrol proyek-proyek reklamasi yang ada di sepanjang pantai yang ada di kabupaten Situbondo demi terjaganya kelangsungan ekosistem  kehidupan di laut.

Awak media akan terus memberitakan terkait kegiatan dan keabsahan ijin proyek reklamasi yang ada di desa Pasir Putih, kecamatan Bungatan, Situbondo.


Pewarta : Wahyu & TIM. 

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts