Kodim 0822 Lahirkan Kampung Pancasila di Kabupaten Bondowoso

 


Bondowoso, www.teropongtimur.co.id

Kodim 0822/Bondowoso dibawah komando Dandim Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr (Hanla) melahirkan Kampung Pancasila di Kabupaten Bondowoso tepatnya di Lingkungan Rt. 05 Kelurahan Kotakulon Kecamatan Bondowoso, Selasa (15/03/2022).


Lahirnya Kampung Pancasila khususnya di wilayah teritorial Kodim 0822/Bondowodo berdasarkan ide dan gagasan dari Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jendral TNI Dudung Abdurahman,S.E., MM, tentang penguatan pembinaan ideologi Pancasila baik di internal TNI AD maupun eksternal (Masyarakat) yang mana hal itu juga dilaksanakan oleh seluruh jajaran Kodim-Kodim Se-Indonesia.


Dalam hal itu, pemilihan Lingkungan Kotakulon jadi Kampung Pancasila oleh Kodim 0822/Bondowoso melihat dari kemajemukan warganya yang berdomisili dilingkungan tersebut. Dimana rumah ibadah seperti Masjid dan Gereja saling berdekatan dan masing-masing ummatnya hidup berdampingan dan rukun.

Kampung Pancasila nantinya sebagai Kampung yang dapat 1. Melestarikan nilai yang terkandung dalam butir Pancasila. 2. Menciptakan kerukunan terhadap ummat beragama. 3. Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. 4. Mendorong masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai sesama. 5. Mendukung kehidupan masyarakat yang rukun, santun dan berbudaya dan 6. Menjadi pilot projection atau contoh bagi lingkungan dan dusun yang lain khususnya di wilayah teritorial Kodim 0822/Bondowoso.


Harapannya, dengan terbentuknya kampung Pancasila dapat memelihara nilai Pancasila tumbuh dan berkembang. Serta dapat menjaga rasa persatuan dengan baik. Seperti, menegakan nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara dengan contoh penerapan nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.


Sikap toleransi antar ummat beragama, hidup damai tanpa konflik meskipun terdapat perbedaan agama, suku dan ras, serta terjalin kerukunan dalam masyarakat di daerah yang dipilih sebagai kampung Pancasila," pungkasnya. 

Sumber : Pendim 0822

Pewarta : Eko S

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts