Peringati HUT Ke-61, Perhutani Bondowoso Bersama Stakeholder Tanam Pohon di Petak 91.D Kawah Wurung.

 


Bondowoso, www.teropongtimur.co.id


Sinergi Ijen Geopark,

Dalam rangka peringati HUT Perhutani Ke -61 dan Ikatan Isteri Karyawan (IIK),    Perum Perhutani KPH Bondowoso bersama stakeholder gelar aksi kegiatan Penanaman Pohon Bersama yang diikuti TNI POLRI dan Forkopimda Bondowoso, Forkopimca Kecamatan Ijen, Awak Media, LMDH dan Masyarakat setempat.


Kegiatan tersebut bertempat di Lokasi Hutan Petak 91.D (Wisata Kawah Wurung) KPH Blawan BKPH Sukosari, Masuk wilayah Desa Kali Anyar Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso, Sabtu (26/3/2022). 


Administratur Perhutani KPH.Bondowoso dalam sambutannya menyampaikan selain memperingati HUT Perhutani ke 61, kegiatan penanaman bersama hari ini adalah untuk mendukung ijen Geopark dan sebagai puncak musim tanam tahun 2021/2022.


Andi menjelaskan bahwa sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan pihaknya sudah mendistribusikan dan membagikan bibit buah-buahan secara gratis kepada masyarakat  sebanyak 17.500 plances, jenis bibit alpukat dan bibit Makadamia untuk di tanam pada kawasan hutan seputar kecamatan ijen.


"Kami mempunyai harapan besar kedepan ekonomi masyarakat akan mengalami peningkatan dari hasil buah dari bibit yang ditanam, sehingga tidak bergantung pada tanaman pertanian jenis kentang dan kubis yang seharusnya tidak diperbolehkan di lokasi hutan lindung," jelas Andi Adriyan Hidayat.


"Sambil menunggu pohon dapat menghasilkan buah untuk sementara perhutani menerapkan pola tanaman komplang andil 51: 49 atau dengan kata lain 51 % berupa tanaman kehutanan/pohon buah dan 49 % untuk tanaman pertanian," ucap ADM Perhutani Bondowoso.


Kepala BPBD Bondowoso juga menyampaikan Gerakan tanan pohon sangat penting karena kondisi Kabupaten Bondowoso adalah lokasi dari 19 Kabupaten Jawa Timur merupakan resiko bencana alam. Dengan adanya penanaman ini, dapat mengurangi resiko bencana.

"Kita semua harus mendukung adanya penan pohon bersama dengan tema sinergi Ijen Geopark ini, Ijen Geopark nantinya untuk mencetak perekonomian baru yg ada di Kabupaten Bondowoso. Menjadi perputaran ekonomi apabila Ijen Geopark disetujui oleh Unesco," ucapnya.


Menurutnya, Apabila Kabupaten Bondowoso disetujui menjadi Ijen Geopark dan akan dipromosikan oleh dunia dan dikunjungi wisatawan mancanegara, hal ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.


"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bondowoso, mengucapkan selamat HUT Perhutani ke 61 semoga Perhutani selalu jaya dalam menjaga dan mengelola hutan," tutur Dadan Kurniawan.

Selain itu, Ahmad Sofyan ST, Ketua Harian Ijen Geopark Kabupaten Bondowoso mengucapkan terima kasih kepada Administratur Perhutani Bondowoso yang telah memberikan bantuan dan dukungan penuh dalam rangka mempersiapkan dan menyambut kedatangan tim penilaian dari badan dunia unesco, terhadap pelaksanaan ijen geopark Kabupaten Bondowoso yang menurut rencana akan dilaksanakan pada bulan juni mendatang, pungkasnya.


Pewarta : Sugiono

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts