Oknum SATPOL.PP melakukan Razia dengan cara AROGANSI kepada PKL

 


Situbondo, www.teropongtimur.co.id

Situbondo, 11 April 2022 Menyikapi berita miring terhadap anggota Satuan Polisi Pamong Praja di Kabupaten / Kota terhadap PKL, perlu dilakukan pembinaan dan ditindak keras kepada anggota Satpol. PP tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku.


Disaat awak media Teropong mendapatkan laporan dari PKL yang berinisial "F" yang menjual air mineral dan berbagai macam minuman "kejadian ini terjadi di Alun-alun Kota Situbondo depan pendopo  sekitar jam 22:45 Saya memang sudah tahu aturan PERDA tapi kenapa saat POL.PP saat melakukan razia menemui saya langsung menegur dengan cara yang sangat aroganisme? Disaat salah satu oknum pol.pp menegur saya ini dagangannya punya siapa? Sudah tau berjualan disini tidak boleh masih saja jualan dengan nada marah. Saat itu saya sambil memperhatikan dan mendengar teguran oknum pol.pp yang bernama RONI, saya sangat gemeteran.

Saya menjawab itu dagangan saya pak. Iya pak saya mengaku salah mohon maaf tapi saya minta tolong jangan hanya usir saya dan juga teman-teman PKL lainnya juga. sebelum ada solusi terbaik, dan saya minta tolong kebijakan dari pol.pp beri saya tempat yang sekiranya saya masih bisa berjualan.

Itu bukan urusan saya cari sendiri saya hanya menjalankan tugas intinya tidak boleh berjualan disini ucap RONI dengan nada tinggi bentak bentak ekspresi sangat marah.

Lanjut lagi Roni menanyakan hal lain " bekna dullu pernah nantang ngkok kan? Saya menjawab bile pak. Bekna kan SE jual Sari Roti eyadekna Al-bbror, Roni. Saya jawab iye Bender pak ngkok SE ajuel roti. Bekna kan SE Bekto Rua nantang engkok bekna negguk caloret. Saya jawab edimma SE bile pak bekna mik salah oreng. Pateppak gellu Lo engkok samolae ajuelen tak pernah nantang oreng apa pole negguk caloret Ben pole SE ajuel sari roti bennyak Benni ghun comak engkok. Roni: bkna kan sapedana GL? Saya jawab Benni pak sapedana engkok Megapro, bkna Deri jeria bhei salah. Roni: tak Tao pokokna sapeda lakek. Saya : tekkakna sapeda lakek jek engkok tak pernah merasakan nantang bekna. Roni: "ai ghik tak ngako sela Tao nantang ghik tak ngako" dengan wajah yang sangat marah. Saya jawab ngakoa SE beremma engkok pak, jek engkok tak ngalakoni ongghu. Roni sangat marah dan menantang saya "iyelah lagguna ye temoi engkok ejelen plausa". Saya : beh, nemmoi SE beremma jerea Ben ngano apa? Roni: temoi engkon la lagguna polana engkok satea ghik aseregam. Saya tidak banyak fikir lagi "iyelah sakrena bekna ngajek engkok katemmo, engkok siap lagguna Yee. Tujuan saya supaya cepat selesai adu mulut ini. Itu saja


PKL sebagai bagian dari usaha sektor informal memiliki potensi untuk menciptakan dan memperluas lapangan kerja, terutama bagi tenaga kerja yang kurang memiliki kemampuan dan keahlian yang memadai untuk bekerja di sektor formal karena rendahnya tingkat pendidikan yang mereka miliki, untuk itu perlu dilakukan tindakan atau kebijakan dari Pemerintah Daerah agar tidak menimbulkan persoalan di masyarakat.


Besarnya arus migrasi desa-kota akan menimbulkan dampak demikian besar pada daya dukung lingkungan dengan gejala munculnya pemukiman liar dan pengangguran yang akan mempertajam persaingan memperebutkan lapangan pekerjaan dan pemukiman. Para pendatang dari desa ini sebagian besar tidak memiliki keahlian atau keterampilan yang dibutuhkan sektor modern, sehingga mereka harus menjalani kehidupan marginal selama bermukim di perkotaan, dengan berjualan di sudut-sudut kota.


Maraknya keberadaan PKL di Kota Situbondo kerap menimbulkan masalah bagi pemerintah Kota Situbondo, untuk itu perlunya Peraturan khusus yang mengatur Pedagang Kaki Lima (Perda), mulai dari hak-hak Pedagang Kaki Lima dan perlindungan hukum bagi para Pedagang Kaki Lima itu sendiri.


Perlu saya tegaskan, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja agar dalam melaksanakan operasi penertiban terutama PKL, untuk dapat mengayomi dan melayani dengan cara 3S (Salam, Senyum, dan Sapa) dan tidak kasar, seperti memaksa, mengancam dan mengunakan kekerasan, tetapi melalui cara – cara persuasif, simpatik dan edukatif sehingga sedapat mungkin dihindari ” Penggunaan kekerasan ” yang dapat menimbulkan kontra produktif di masyarakat.


Pewarta : Tim

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts