LSM Teropong Soroti Soal Bansos, Pemdes Diminta Optimalkan Kebutuhan untuk Kelompok Disabilitas

 


Bondowoso, www.teropongtimur.co.id

Seorang anggota LSM Teropong Mulyadi mengatakan ada salah satu penyandang disabilitas yang terkena dampak Corona (COVID-19) belum tersentuh bantuan sosial dari pemerintah, sehingga pemerintah diharapkan mengoptimalkan bantuan dan memikirkan nasib kelompok difabel. " ada temuan kami di lapangan, seorang penyandang disabilitas belum pernah tersentuh bantuan sosial apapun dari pemerintah dirinya berharap respons COVID ini juga memikirkan kebutuhan mereka, mendengarkan suara mereka karena ini belum bahkan informasi saja tidak sampai," kata Mulyadi, Rabu (11/5/2022).


"Ternyata memang, ketika kita bicara tentang dampak pandemi COVID ini, sering kali orang melupakan bahwa ada yang paling terdampak dari kita. Kan kita-kita semua susah betul, pengusaha susah, karyawan susah, tetapi ada yang lebih susah daripada kita yaitu teman-teman disabilitas yang memberi contoh saja, misalnya tunadaksa yang pekerjaannya hanya bengkel tambal ban, karena dampak pandemi ini beliau pendapatannya berkurang. Ini contoh kalau kita bicara semua terkena dampaknya barangkali yang harus kita pikirkan mereka yang paling terdampak," kata Mulyadi.


  Meski bantuan pemerintah saat ini terus digulirkan dan menyentuh langsung lapisan masyarakat kurang mampu, namun hal itu tak berlaku bagi Hermanto (36), dia adalah pria Warga Desa  Sumber canting Dusun Berek cora RT. 05, kecamatan Wringin  yang penuh keterbatasan fisik (Disabilitas).

Hermanto terus bertahan hidup dengan kondisi dimasa pandemi Covid-19 dengan usaha bengkelnya yang dirintisnya untuk memenuhi kebutuan hidup sehari-hari. Namun sayangnya, di tengah masa- masa sulit seperti ini, justru Hermanto tak pernah mendapat bantuan dari pemerintah desa maupun Pemerintah Daerah.

Sebagaimana yang disampaikan Hermanto saat dikonfirmasi Mulyadi dengan nada kaku penuh harap.

Dari penuturanya, bahwa selama ini dirinya tidak pernah mendapatkan sentuhan atau bantuan apapun.” Saya tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah desa maupun kabupaten,” ungkap Hermanto.

Ia juga menyebutkan, bahwa usaha ini sudah lama didirikan,” Saya lama bergelut di usaha bengkel tambal ban ini, namun selain itu, tidak ada sentuhan pada saya.”ujarnya.

Sementara itu Mulyadi yang ingin bertemu Kadesnya untuk berkoordinasi terasa sangat sulit “selalu ada saja alasannya” ucapnya.  Kedepan dirinya sangat berharap agar bantuan kepada Hermanto dapat tersalurkan sehingga beliau mampu bertahan hidup ditengah masa pandemi yang belum juga selesai hingga hari ini.

Pewarta : Mulyadi

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts