*Rakoor Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Bali. Gubernur Bali ( Wayan Koster ) Berikan Sambutan Secara Dering*

 


Denpasar,www.teropongtimur.co.id.

Gubernur Bali, ( WAYAN KOSTER ) Hadir dan memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Bali Tahun 2022 secara daring, dari Jayasabha, Denpasar pada Rabu 18 Mei 2022 siang. 

Gubernur Bali dalam sambutanya menyampaikan beberapa aitem diantaranya: 1).Kondisi reforma agraria di Bali, adalah Penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui Penataan Aset dan disertai dengan Penataan Akses untuk kemakmuran rakyat Indonesia.Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Presiden nomor 86 2018 tentang Reforma Agraria

2). Pemprov Bali Sangat mendukung pelaksanaan reforma agraria melalui pembentukan tim, dengan ditetapkan dengan Surat  Keputusan Gubernur no 149/01A/HK/2022 tentang perubahan dan pembentukan tim reforma agraria Pemprov Bali. 

3). Sebagai langkah dan hasil nyata kerja gugus tugas reforma agraria Provinsi Bali, telah berhasil diselesaikan dan diserahkan 1.613 sertifikat redistribusi tanah di lokasi Desa Sumberklampok Kecamatan Gerokgak Kabupaten Buleleng, yang merupakan salah satu lokasi super prioritas pelaksanaan reforma agraria dan ini bisa diselesaikan setelah terjadi 60 tahun lebih lamanya permasalahan tersebut tidak terselesaikan. Akhirnya dengan kerjasama dan kerja semua bisa terselesaikan.

4). Sesuai dengan tema ‘ Reforma Agraria untuk Mewujudkan Ekonomi Bali era Baru yang Tangguh’, tema ini diharapkan memperkuat sinergitas antara program reforma agraria dengan nilai kearifan lokal yang tersurat dalam visi dan misi pembangunan Provinsi Bali. 

5). Kita bersama-sama bersatu padu dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penataan akses. 

6). Saya mewakili pemerintah provinsi Bali dan masyarakat betul-betul mengucapkan terima kasih atas selesainya masalah lahan di Sumberklampok. Karena sudah lebih dari 60 tahun tidak dan kepastian dan situasi psikologis adanya penggusuran, ini tekanan bagi masyarakat. Hanya kemauan yang tulus lurus yang membuat kita menyelesaikan ini. Kita bisa selesaikan dengan sangat baik atas kerjasama pemerintah pusat, bapak menteri dan masyarakat.  

7). Astungkara dengan program reforma agraria ini, ini luar biasa atas kerjasama bapak Menteri dan jajaran Kanwil. Ini saya lihat sesuatu yang sangat penting dan bersejarah. 

8). Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menyatukan pendapat, agar tercipta kemakmuran masyarakat yang berkeadilan, untuk masyarakat Bali secara umum. 

9). Pada tahun 2022 ini, agenda Rakor ini akan berpokok pada dua agenda yakni fasilitasi pelepasan objek pada kawasan hutan di dua lokasi, yakni kabupaten Buleleng dan satu lokasi di Desa Bangli di Tabanan. 

10). Juga yang berlokasi di Tukad Unda Klungkung serta Tanjung Benoa, yang telah dipakai masyarakat sejak 1920. Terkatung-katung. Juga di Desa Sakti Nusa Penida yang belum ada kejelasan. Ini agar bisa kita selesaikan di tahun ini juga agar masyarakat ada kepastian. 

11). Sangat tidak mungkin dan tidak manusiawi kita gusur dan negara sudah berkewajiban membantu memberikan kepastian secar tuntas untuk kelangsungan hidup mereka. 

12). Yang kedua, adalah mendorong keberlanjutan pemberian pendampingan kepada pemberian tanah masyarakat di lokasi-lokasi yang berpotensi mengintegrasikan akses reform. 

13). Saya senang staf kepresidenan dan kementerian sudah memberikan pemberdayaan kepada masyarakat sehingga tidak hanya dapat lahan tapi bisa juga memperbaiki kehidupan dengan sumber daya yang diberikan. padahal masyarakat sudah diberikan sertifikat saja luar biasa gembiranya. Saya sampai digendong saat itu, karena sudah terlalu lama menghadapi situasi penuh ketidakpastian. 

14). Saya selaku ketua tim gugus, mengharapkan pelaksanaan reforma agraria dilaksanakan seoptimal mungkin oleh segenap jajaran pusat dan daerah mendukung terciptanya asset reform dan terciptanya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. 

15). Saya sudah menugaskan kepala badan aset untuk mendata dimana saja di Bali yang lahannya ditempati masyarakat namun belum ada kepastian. 
Saya sangat mengharapkan semua pemangku kepentingan dapat memperhatikan dan mengatasi masalah agraria di Bali, dapat meningkat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang dapat hak. Meningkatkan taraf hidupnya. 

16). Ini sudah waktunya kita selesaikan dan tidak membiarkan masyarakat dalam ketidakpastian dalam waktu lama. Jadi ini momentum untuk berkomitmen bersama untuk menyelesaikan masalah pertanahan ini. 
Itulah sebabnya saya sangat mendukung acara rakor ini. 

*Pointer Pernyataan sanjutnya juga di sampaikan oleh *ANDI TENRISAU*. Direktur Jenderal Penataan Agraria, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)

1). Dalam Pikiran saya tema yang diangkat ini sangat kontekstual sesuai dengan reforma agraria dan prinsip keadilan bagi masyarakat. 

2). Konsep Jagat kertih yang  ditelusuri di purana bali mengandung makna untuk Melestarikan keharmonisan antar semua mahluk, secara sosial dan dinamis serta dalam konteks kebenaran. Ini sangat relevan dengan semangat dan program reforma agraria.

3). Berbicara reforma agraria ada 3 kegiatan penting yakni pertama Memastikan penataan aset, kepastian hukum hak tanah, obyek tanah, kedua Menggunakan aset tersebut  agar bisa memakmurkan masyarakat. Serta yang ketiga penatalaksanaan guna tanah dan pemberdayaan masyarakat. 

4). Secara khusus dikaitkan dengan ekonomi Bali, hal ini perlu ditumbuhkan baik agar bisa tangguh. Sesuai dengan tujuan besar untuk menuju Bali era baru yang hijau, dan berkelanjutan. Tema besar ini sekali lagi sangat kontekstual dan relevan. 

5). Prinsip jagat kertih yang melestarikan keharmonisan semua makhluk juga relevan dengan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.Bahwa semua hak tanah bisa berfungsi sosial. Hak milik seseorang tidak dibenarkan untuk keuntungan pribadi dan bahkan bisa kerusakan masyarakat. Jadi Pelestarian sumber daya agraria,  Memelihara tanah dan menambah kesuburan adalah kewajiban tiap orang. 

6). Acces Reform atau Penataan akses adalah pemberian kesempatan akses permodalan maupun bantuan lain kepada subjek reforma agraria dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang berbasis pada pemanfaatan tanah. Ini berguna untuk Menghasilkan produktivitas maksimal untuk kesejahteraan rakyat, Menggunakan tanah secara tertib. Dan Pelestarian sumber daya agraria.

7). Guna mewujudkan ekonomi era baru, kita menyusun sistem penataan agraria berkelanjutan dengan basis data relevan sesuai dengan jumlah penduduk ketersediaan tanah dan selanjutnya. Harapannya  selain menciptakan kepastian hukum juga mendatangkan kesejahteraan rakyat. Sehingga Bali era baru yang Hijau ,tangguh sejahtera, untuk masyarakat Bali bisa terwujud. 

8). Terimakasih bapak gubernur yang tidak henti hentinya melaksanakan reforma agraria untuk masyarakat.

Turut pula dalam Rakor tersebut secara daring, Direktur Jenderal Planologi dan Tata Lingkungan (PKTL) KLHK ( Ruandha Agung Sugardiman)., Direktur Landreform di Direktorat jenderal Penataan Agraria  (Sudaryanto)., Kakanwil BPN Provinsi Bali ( Ketut Mangku)., dan Deputi II di Kantor Staf Presiden (KSP) yang membidangi pembangunan manusia Abetnego Tarigan.


Pewarta: Tim Saminto / Nisa
Editor Buang Arifin
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts