"Transaksi kerjasama atas Tanah Negara di desa Banyuputih diduga cacat administratif dan Hukum"

 


Situbondo, www.teropongtimur.co.id

Pengelolaan, penguasaan tanah negara (TN) yang terletak di dukuh Bugeman, dusun Widoro pasar, desa Banyuputih, Situbondo diduga ada kejanggalan, kesalahan prosedur, proses, cacat administratif, cacat Hukum (Senin, 30 Mei 2022).


Aktivis muda Situbondo menyoal terkait penguasaan, pengelolaan, transaksi tanah negara (TN) yang akan dimanfaatkan untuk tambak udang.


"setelah saya melakukan klarifikasi kepada Untung dijelaskan : perihal pengelolaan lahan yg seluas kurang lebih 2-3 hektar itu sifatnya kerjasama dengan pembabat salah satunya adim dan dengan pembabat-pembabat tanah TN yang lain, yang menjadi mediatornya yudik orang awar-awar, Asembagus, masalah penebangan pohon mangrove itu ditebang duluan dan saya dapat surat tegoran dari dinas DLH baru saya mengurus ijin-ijinnya ke dinas DLH, masalah informasi pemberian uang tanda terima kasih sebesar 100 juta kepada kades Banyuputih (H. Juharto) itu tidak benar, saya tidak pernah memberi uang kepada kades Banyuputih (H. Juharto) untuk dikeluarkan SKU oleh kades Banyuputih atas usaha saya" ungkapnya kepada Wahyudi dan awak media.

"saya juga melakukan klarifikasi kepada Yudik, desa awar-awar, Asembagus selaku mediator mempertanyakan perihal dugaan gratifikasi sebesar 100 juta untuk pembuatan SKU milik Untung dan didapat penjelasan dari Yudik : memang saya mediator tanah TN yg terletak di dukuh Bugeman, dusun Widoropasar, Banyuputih, itu bukan disewakan mas tapi kerjasama, perihal pemberian uang 100 jt kepada kades Juharto itu tidak benar, kalau cuman tanda terima kasih ada dan kades Banyuputih menyatakan lahan yang diacarakan kerjasama itu masuk wilayah Banyuputih, saya memang beberapa kali melakukan pertemuan dengan kades H. Juharto baik di kantor maupun di rumahnya" ungkap Yudik kepada Wahyudi dan awak media.


Klarifikasi juga dilakukan Wahyudi kepada kepala desa Banyuputih H. Juharto terkait isu dugaan gratifikasi 100 juta yang diterima kades Banyuputih (H. Juharto), "Investigasi marathon saya lakukan untuk memperoleh informasi yang akurat, kades Banyuputih mengatakan kepada saya : SKU itu saya tanda tangani karena pembabat tanah TN masuk warga Banyuputih dan tidak ikut masalah transaksi kerjasamanya, perihal saya terima uang 100 juta itu tidak benar dik, pohon yang ditebang bukan pohon mangrove akan tetapi pohon berduri informasi dari pak RT/fendi, kalau untuk pelayanan surat SKU itu saya harus melayani karena disana ada warga saya, masalah transaksi kerjasama saya tidak ikut-ikut karena status tanahnya TN dik, yang penting dalam menjalankan usahanya pak Untung memperkerjakan warga saya dik" jelasnya kepada Wahyudi dan awak media.

"Menurut pendapat saya selaku anggota LSM patut diduga proses kesepakatan kerjasama antara Untung dan pembabat/warga mengandung unsur Nonprosedural dan tidak sesuai PP Nomor 5 tahun 1960, PP Nomor 9 tahun 1999 dan PP Nomor 24 tahun 1997 tentang pendaftaran Hak dan tanah negara/TN, aneh saja ada tanah negara/TN disewakan/diacarakan kerjasama yang diduga disewakan selama 10 tahun dan per tahun 10 juta oleh pembabat-pembabat tanah Negara kepada Untung selaku pelaku Usaha, ada temuan juga foto dokumen yang ditunjukkan oleh Untung kepada saya ada foto surat yang intinya berkop surat Pemdes Banyuputih salah satu produknya desa Banyuputih, padahal kewenangan transaksi masalah tanah  di depan PPAT dan Notaris bukan kepala desa karena dalam proses antara Untung dan pembabat diduga mengandung unsur nominal, Hukum, tupoksi hal peralihan Hak" tutupnya.


Kalau memang ada celah Hukum akan saya adukan ke pihak APH dalan waktu dekat dengan fakta, informasi, keterangan, bukti yang ada.



Pewarta  :   Tim

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts