AKSI DAMAI KELOMPOK PEMUDA PEMERHATI BANGSA DI BAJRA SANDI RENON

 


Denpasar, www.teropongtimur.co.id

Pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2022 pukul 10.20 s.d 10.48 Wita bertempat di Pintu Timur Bajra Sandi, Desa Sumerta Kelod, Kec Denpasar Timur, Kota Denpasar *telah dilaksanakan kegiatan aksi damai oleh Kelompok Pemuda Pemerhati Bangsa* dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah membentuk Daerah Otonomi Baru di Papua, dan diikuti kurang lebih 25 orang.


Peserta aksi turun membawa alat peraga Adapun alat peraga yang digunakan dalam kegiatan

A.Spanduk yang bertuliskan : Pemuda Pemerhati Bangsa Mendukung Otsus dan Pemekaran Daerah Otonomi Baru di wilayah Papua.

B. Pamplet, bertuliskan:

DOB di Papua adalah Solusi pemerataan pembangunan.

Pemuda Pemerhati Bangsa, Dukung Otsus dan DOB di Wilayah Papua.


c) PAPUA ADALAH INDONESIA 

d) Mari Mendukung Otsus dan DOB di Papua.

e) NKRI Harga Mati

f) Nayatakan API Persatuan NKRI

g) Bergerak Bersama Utk Indonesia

h) Papua Dukung Otsus & DOB

i) OTSUS Yess,,,,DOB Yesss

j) Otsus & DOB Utk Kesejahteraan Papua


Pada Pukul 10.20 Wita Kelompok Pemuda Pemerhati Bangsa mulai berkumpul di Pintu Timur Bajra Sandi Renon.

Dan Pukul 10.30 Wita Kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan orasi.


Dalam orasi yang disampaikan Korlap yang intinya : Dasar pemikiran dilakukannya aksi Dalam rangka mendukung pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua.


Rencana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua yang diinisiasi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Provinsi Papua direspon dengan cepat oleh Kementerian Dalam Negeri. 


Direncanakan akan ada 3 provinsi baru, yaitu Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, dan Provinsi Papua Pegunungan Tengah.  


Pemekaran wilayah di Papua perlu dilakukan untuk meratakan pembangunan. Kebijakan tersebut diharapkan dapat memperpendek rentang birokrasi, meningkatkan pelayanan publik, dan memajukan daerah demi kesejahteraan masyarakat Papua. 

Rencana tersebut disambut gembira oleh lapisan masyarakat Papua, Ketua LMA Provinsi Papua, Dr. Lenis Kogoya, S.Th, M.Hum , menyampaikan hasil keputusan Musyawarah LMA se-Tanah Papua sebagai aspirasi para tokoh adat, tokoh intelektual, dan tokoh perempuan di Papua yaitu mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan di Tanah Papua.


Dan juga mendukung pemerintah dalam mengimplementasi UUD Otsus No.2 Tahun 2021 mengenai rencana melarikan Daerah Otonom Baru (DOB) menuju Papua yang damai dan sejahtera. 


Papua saat ini memiliki 2 provinsi yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, padahal pulaunya adalah yang terbesar di Indonesia. Jika hanya ada 2 provinsi tentu agak menyulitkan untuk pembangunan karena terkendala masalah geografis dan jarak dari kantor pemerintah daerah ke pemukiman warga amat jauh. Oleh karena itu pemekaran wilayah jadi solusi dan memang hal ini atas permintaan masyarakat Papua sendiri. 


Dalam aksi juga menyampaikan tuntutan yang akan disampaikan Pemuda Pemerhati Bangsa diantaranya


Papua merupakan bagian dari NKRI yang tidak dapat dipisahkan oleh siapapun.

Mendukung Otonomi Khusus (Otsus) serta Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua sebagai wujud pemerataan pembangunan di Tanah Papua 


Meminta pemerintah pusat dan DPR RI untuk segera melakukan konsolidasi dengan masyarakat setempat terkait rencana Pemekaran Daerah Otonomi Baru Papua.

Mengajak masyarakat Papua untuk bersama-sama Mendukung Otonomi Khusus (Otsus) serta Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.


Selanjutnya pada Pukul 10.48 Wita Kegiatan selesai berjalan aman dan lancar.

Pewarta : Tim Saminto/Amin

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts