*Aksi Demo Oleh Masyarakat Yang Menamakan Diri Satria Jagapati Di PT Bumisari Maju Sukses, Gagal Digelar *



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id

Di tengah cuaca dingin berpayung mendung tipis di langit, ratusan karyawan Perkebunan PT. Bumisari Maju Sukses Desa Bayu Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Kamis pagi 23/6/2022 sekira pukul 07:00 Wib sampai selesai, berkumpul di pintu masuk perbatasan kebun.

Terlihat di sekitar lokasi rencana aksi demo pengawalan dan pengamanan ketat dari puluhan personil kepolisian Polresta Banyuwangi, Polsek-Polsek terdekat yang diperbantukan, unsur TNI, Pol PP setempat, dan Security PT. Bumisari Maju Sukses.

Menurut salah satunya, mereka berkumpul sedang menyambut kehadiran sekelompok masyarakat yang bersebutan Satria Jagapati Desa Bayu akan menggelar aksi demo di kebun tempat kerjanya. Untuk itu sebagai ungkapan penyambutannya, ratusan karyawan PT. Bumisari Maju Sukses memampangkan banner pada palang pintu masuk bertuliskan kalimat :

"BURUH BERSATU MEMPERTAHANKAN LADANG PEKERJAAN, SABAR ADA BATASNYA !!!".


Sebelum awak media mendekat ke pintu masuk tempat ratusan karyawan Kebun Bumisari berkumpul, sempat ngobrol dengan salah satu peserta aksi demo. Kepada awak media yang bersangkutan mengatakan bahwa ada beberapa hal (aspirasinya) yang akan disampikan dalam aksi demo tersebut. 

Cukup lama baik keluarga besar dan karyawan PT Bumisari Maju Sukses juga aparat keamanan menunggu kehadiran peserta aksi demo. Setelah sekira beberapa jam kemudian, terlihat Kapolsek Songgon AKP Eko Dermawan, SH bergegas menuju titik pusat pengamanan sembari menyampaikan kabar bahwa penyampaian aspirasi (demo) tidak jadi digelar. 


Dan benar adanya seperti yang diinformasikan oleh Kapolsek Songgon AKP Eko Dermawan, SH, tak lama kemudian rombongan masyarakat peserta aksi demo (Satria Jagapati) akhirnya membubarkan diri dan balik arah meninggalkan tempat alias tidak jadi gelar aksi demonya.

Kapolsek Eko Dermawan selanjutnya sampaikan informasi tersebut kepada keluarga besar dan ratusan karyawan PT Bumisari Maju Sukses. Dihimbau juga kepada ratusan karyawan Bumisari untuk tidak berlebihan merespon informasi gagal digelarnya aksi demo, agar tidak mengundang reaksi balik. Semuanya diminta untuk segera bubar kembali ke tempat kerja masing-masing dengan tertib tanpa mengeluarkan suara apapun.


Sebelum meninggalkan lokasi, Kapolsek Songgon AKP Eko Dermawan, SH didampingi Kasat Sabhara Polresta Banyuwangi AKP Subandi, SH gelar apel bersama. Informasi yang sama disampaikan disambut dengan ucapan Alhamdulillah oleh peserta apel. Namun meski demikian kata Kapolsek Eko Dermawan, hendaknya tetap dalam kondisi selalu siap siaga bila di belakang hari ternyata aksi demo digelar lagi di tempat yang sama.


Ucapan terima kasih pun terlontar dari AKP Eko Dermawan kepada semua pihak yang terlibat dalam pengawalan dan pengamanan kegiatan aksi demo di PT Bumisari Maju Sukses kali ini.


Rilis: Tim teropong /r35
Editor: Buang Arifin
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts