Diwarnai Dengan Demonstrasi Untuk G20, Ribuan Masyarakat Saksikan Tradisi Sertijab Pejabat Kodam IX/Udayana

 


Denpasar – www.teropongtimur.co.id

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., Memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dan Penyerahan Jabatan serta Tradisi Laporan Korps Pejabat Utama (PJU) Kodam IX/Udayana di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon, Denpasar, pada Kamis (16/5/2022).


Berbeda dengan sebelumnya, Upacara Sertijab dan Penyerahan Jabatan serta Tradisi Laporan Korps PJU Kodam IX/Udayana kali ini dilaksanakan secara terbuka dan langsung disaksikan oleh masyarakat yang dirangkai dengan simulasi dan demonstrasi kemampuan dari empat Satuan elit Kodam IX/Udayana dalam Pengamanan G20 di wilayah Provinsi Bali dengan skenario pembebasan sandera dan penghancuran markas teroris.


Adapun PJU Kodam IX/Udayana yang melaksanakan Sertijab antara lain Danrem 162/Wira Bhakti dari Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede kepada Kolonel Inf Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos., M.M., Aspers Kasdam IX/Udayana dari Kolonel Inf Yudi Ruskandar, S.I.P., kepada Kolonel Inf Riko Haryanto, S.I.P., LO AU Kodam IX/Udayana dari Kolonel Lek I Made Dwipayana A, S.E., kepada Letkol Lek I.G. Putu Widhiantara, dan Kababinminvedcaddam IX/Udayana dari Kolonel Kav Sudradjat Dirgahayu, S.Sos., kepada Kolonel Caj Mohamad Radjab.

Berikutnya Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Raider 900/Satya Bahkti Wirotama dari Letkol Inf Teguh Dwi Raharja, S.Sos., kepada Mayor Inf Deden Ika Drajat, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Mekanis 741/Garuda Nusantara dari  Letkol Inf Riza Taufiq Hasan, S.I.P., kepada Mayor Inf Andi Sasmito, S.I.P., dan Komandan Detasemen Kaveleri (Dandenkav) 4/Shima Pasopati dari Mayor Kav Yusriadi kepada Kapten Kav Ari Yulianto, S.Sos.


Kemudian dilaksanakan juga penyerahan Jabatan oleh Pangdam IX/Udayana kepada Komandan Batalyon Alteleri Medan (Danyon Armed) 20/Bhadika Yudha Letkol Arm Boby, S.I.P., dan Komandan Batalyon Arteleri Pertahanan Udara (Danyon Arhanud) 9/Angkasa Widya Jayanta Letkol Arh Kiki Aji Wiryawan, S.Sos.


Dalam amanatnya, Pangdam  menyampaikan bahwa Serah Terima Jabatan di lingkungan TNI pada hakekatnya merupakan proses kaderisasi dan penyegaran, sekaligus merupakan tuntutan kebutuhan organisasi dalam rangka upaya optimalisasi pencapaian kinerja guna mendukung tugas pokok satuan yang ada di kantor maupun di lapangan.


“Jabatan apapun yang dipercayakan kepada kita, adalah merupakan suatu amanah sekaligus kehormatan yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya, baik kepada pimpinan yang memberikan perintah maupun kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Pangdam.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan bahwa Kodam IX/Udayana merupakan kompartemen strategis yang mengemban tugas berat dalam mengamankan kedaulatan negara serta keutuhan NKRI khusus di wilayah Bali dan Nusa Tenggara dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang datang dari dalam maupun luar negeri.


“Konsekuensi dari tugas ini, seluruh staf Kodam IX/Udayana dituntut mampu melaksanakan tugas dengan baik, dengan cara membangun kerjasama dan melakukan koordinasi yang terpadu antar staf dan unsur terkait,” tegas Pangdam.


Dalam kesempatan kali ini, Pangdam juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian para PJU Kodam IX/Udayana selama bertugas di Kodam IX/Udayana. Jadikan pengalaman tugas sebagai bekal untuk terus berkarya dalam meningkatkan pengabdian juga tanggung jeb nantinya di tempat tugas yang baru. 


“Perlu disadari juga bahwa keberhasilan para Perwira dalam bertugas tentunya tidak lepas dari dukungan yang tulus dari keluarga terutama istri. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada ibu-ibu yang dengan setia telah mendampingi suaminya selama bertugas di Kodam IX/Udayana,” pungkas Pangdam.


Upacara sertijab tersebut dihadiri juga Kapolda Bali, Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Danrem 161/WS, Danrem 163/WSA, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Ka Balakdam IX/Udy serta FKPD Provinsi Bali dan FKPD Nusa Tenggara Barat. 

Pewarta : Tim Saminto/Nisa

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts