ITDC siap bersinergi dengan Polda Bali serta Stakeholder lainnya dalam menyukseskan rangkaian kegiatan KTT G20

 


Bali, www.teropongtimur.co.id

Indonesia khususnya Bali  dipercaya sebagai Presidensi G20 Tahun 2022 yang sebelumnya dilaksanakan di Roma, Italia pada Oktober 2021 lalu. Indonesia menjadi negara Asia ke-5 yang menjadi tuan rumah KTT G20 setelah Jepang, China, Korea Selatan, dan Arab Saudi. Dan pemerintah menyambut baik tanggung jawab presidensi G20 tersebut di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.


Dilansir dari beberapa media,

G20 atau Group of Twenty merupakan forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara utama dan Uni Eropa. Yang mana anggota G20 terdiri atas Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, China, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Turki, dan Uni Eropa.


Awal mula pembentukan G20 tidak terlepas dari kekecewaan komunitas internasional terhadap G7 yang dianggap gagal dalam mencari solusi permasalahan krisis ekonomi 1998. Pada 1999, atas saran dari para menteri keuangan G7, maka forum G20 diselenggarakan secara rutin setiap tahun yang tidak hanya dihadiri oleh menteri keuangan dan gubernur bank sentral, namun juga para kepala negara. Berbeda dengan organisasi multilateral, G20 tidak memiliki sekretariat permanen. Oleh karena itu, G20 memiliki tuan rumah atau presidensi berdasarkan sistem rotasi kawasan setiap tahunnya. Presidensi G20 bertanggung jawab atas pelaksanaan KTT G20.


Tujuan G20 adalah mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. Pada setiap KTT, G20 mengangkat topik dan isu terkait yang dibahas dalam forum. Dan sepanjang G20 berlangsung, forum ini telah menyumbang sejumlah peran dalam perekonomian global, seperti: 

1. Penanganan krisis keuangan global

2. Kebijakan pajak

3. Penanganan Covid-19, serta

4. Isu internasional lainnya


Dalam kesiapan Presidensi G20, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan kesiapan kawasan The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali sebagai bagian dari lokasi pelaksanaan perhelatan KTT G20 tahun 2022


"Kami pastikan The Nusa Dua siap menyambut seluruh rangkaian kegiatan KTT G20 yang saat tengah berlangsung  sampai puncak pelaksanaan pada November 2022," ujar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita (Jumat/18/6/2022).


Menurut bliau, kesiapan itu bukan saja karena kelengkapan fasilitas Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) yang dimiliki oleh The Nusa Dua, tapi juga karena kawasan ini telah menerapkan sejumlah tata kelola kawasan berbasis protokol kesehatan.


Disamping itu dijelaskan juga Bahwa kawasan The Nusa Dua sudah mewajibkan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) bagi kawasan dan tenant, telah menyelesaikan program vaksinasi Covid-19 bagi seluruh pekerja di dalam kawasan serta mendorong pemanfaatan aplikasi Peduli Lindungi.


"Hal ini sudah sesuai dengan arahan Pemerintah dan persyaratan yang perlu dipenuhi dalam rangka persiapan menyambut event ini. Kami juga sangat berbangga The Nusa Dua kembali terpilih sebagai bagian dari salah satu tempat penyelenggaraan pertemuan tingkat dunia KTT G20" katanya.


Untuk memastikan kesiapan kawasan The Nusa Dua, pemerintah pusat mulai dari pejabat tingkat Menteri sampai dengan Presiden RI telah beberapa kali meninjau kawasan Nusa Dua dan venue-venue yang akan dikunjungi para delegasi.


Tidak hanya itu, dalam hal pengamanan rangkaian kegiatan pihaknya selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan Polda Bali terkhusus Ditintelkam Polda Bali dalam upaya melakukan deteksi dini dan deteksi aksi yang berkaitan dengan spionase dan sabotase  pihak asing atapun kejahatan transnasional lainnya yang dapat menganggu ataupun menggagalkan rangkaian kegiatan KTT G20 di Bali. Juga pelibatan TNI, Satpol PP, pengamanan swakarsa, pecalang dan seluruh stakeholder serta peran aktif desa adat penyangga kawasan ITDC untuk bahu membahu menykseskan perhelatan internasional ini. Pihaknya berharap penyelenggaraan G20 di The Nusa Dua dapat menjadi bukti bahwa kawasan ini sangat siap untuk menyelenggarakan kembali kegiatan berskala internasional.


"Untuk mengawal dan mengamankan perhelatan KTT G20 kami telah bersinergi dengan Pihak Kepolisian, TNI, unsur intelijen dari masing-masing instansi serta stakeholder lainnya. Hal ini sebagai upaya menciptakan sistem keamanan serta mendorong pemulihan pariwisata Bali dan nasional pasca pandemi covid-19, " pungkasnya.

Pewarta : Tim Saminto/Nisa

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts