Kepala Pekon Fajar Agung Barat Diduga Perkaya Diri Pakai Dana Desa



Lampung,www.teropongtimur.co.id.

Peran aktif wartawan berfungsi sebagai sosial kontrol. Sosial kontrol dilakukan khususnya setiap kebijakan dan program pemerintah. Misalnya program tingkat pusat hingga ke pelosok daerah.

Hal itu perlu dilakukan supaya setiap kebijakan maupun program pemerintah, baik program pembangunan maupun program sosial kemasyarakatan berjalan dengan baik, mengacu dalam UU dan peraturan yang berlaku.

Salah satu program pemerintah yang hingga saat ini masih berjalan yaitu program pembangunan infrastruktur maupun program lainnya yang diambil dari Dana Desa (DD). Dimana Dana Desa tersebut bersumber dari APBN.

Tidak Terkecuali Pekon Fajar Agung Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, pada tahun 2021 mendapatkan kucuran anggaran dana desa kurang lebih 1.078.186.000.

Namun amat disayangkan, dana desa di Pekon tersebut digunakan tidak sesuai dengan semestinya. Bahkan kuat dugaan penggunaannya tidak sesuai dengan Juklak dan Juknis yang ada.

Dugaan tersebut berdasarkan hasil investigasi yang dilakukan oleh awak Media Tekape.co.

Berdasarkan keterangan warga, yang tidak ingin ditulis namanya menjelaskan, ada beberapa kegiatan yang tidak dilaksanakan, atau diduga ada anggaran dana desa yang diselewengkan oleh Kepala Pekon Fajar Agung Barat sehingga berpotensi menimbulkan kerugian negara hingga ratusan juta rupiah.

Seperti di tahun anggaran 2021. Pekon Fajar Agung Barat mendapatkan kucuran dana kurang lebih sebesar Rp. 1.078.186.000. Pada realisasinya diduga ada beberapa item yang diduga fiktif, mark up, dan manipulasi anggaran karena ditengarai tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang ada.

Adapun rincian kegiatan yang diduga tidak sesuai dengan RABnya dari Dana Desa tahun anggaran 2020 tersebut adalah,
1). Pengadaan Alat Bantu Bagi Kaum Difabel/Disabilitas ,Anggaran sebesar 21.300.000

2). Pembangunan/Rehabilitasi/ Peningkatan Balai Desa/Balai Kemasyarakatan Rp. 362.697.200

3). Penyertaan Modal/Bumdes Anggaran 50.000.000
5).Pembangunan/Rehabilitasi/Peningkatan Sarana dan Prasarana Energi Alternatif tingkat Desa Rp. 21.932.200

Atas dugaan penyelewengan penggunaan anggaran Dana Desa tersebut warga tersebut mengaku akan segera menindaklanjuti hingga ke aparat penegak hukum.

“Dugaan penyelewengan Dana Desa tersebut akan segera di tindak lanjuti, Insya Allah secepatnya kita akan memberikan tembusan kepada Kejaksaan dan Polda Lampung. Kami pun berharap Aparat Penegak Hukum, dalam hal ini Kejaksaan dan Polda Lampung untuk dapat menindaklanjuti laporan itu nantinya, dengan mengaudit penggunaan anggaran Dana Desa Fajar agung barat dari tahun 2019-2020-2021, “pintanya.

” Saya berharap APH segera menindaklanjuti laporan kami, dengan mengaudit penggunaan anggaran Dana Desa Pekok Fajar agung barat dari tahun2019- 2020, hingga 2021. ″ tandasnya.

Ketika di konfirmasi kepala pekon Subur Adi Riwanto langsung di kediaman nya Sabtu (11/6/22) pukul 2:30 dirinya terkesan tidak mengetahui realisasi anggaran ditahun tersebut. Bahkan dirinya terkesan lempar kesalahan kepada sekretaris pekon.

“Saat itu sekretaris yang bermain dalam anggaran tersebut, “kata Subur. ( Dona p )
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts