*Peduli Pendidikan Ponpes Ihya' Ulumudin. Konferensi Pers Sikap FSB Bersama Forpimka Singojuruh*



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Tokoh Masyarakat, dan Aktivis yang tergabung dalam Forum Singojuruh Bersatu (FSB). Menyatakan sikap bersama dalam rangka memberikan dukungan moral demi kelangsungan pendidikan di lingkungan Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan  "Ihya' Ulumudin" Desa Padang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi bertempat di Pendopo Kantor Kecamatan Singojuruh pada Selasa 28 juni 2022

Hadir dalam acara tersebut Camat Singojuruh, ( Drs. Bambang Santosa, MAP )., Kapolsek Singojuruh ( AKP Abdullah Syajad, SH )., perwakilan Danramil 0825/13 Singojuruh.,Kepsek. SMKN Ihya' Ulumudin Padang ( Gatot Kurniawan ).,  Pengasuh Ponpes Darul Anwar, ( KH. Habib Toha )., ), Gusnandi (Dosen)., Perwakilan Keluarga ponpes Ihya' Ulumudin, ( Ustad Hasbullah ), dan undangan yang lainnya.

foto: Camat Singojuruh ( Drs, Bambang Santoso, MAP )

Acara berlangsung yang disampaikan oleh Camat Singojuruh, ( Drs, Bambang Santoso, MAP ) yang mana dalam penyampaiannya, Camat mengaku turut prihatin atas musibah yang menimpa keluarga besar Pondok Pesantren Ihya' Ulumudin Padang. Dalam hal ini camat juga apresiasi atas  kepedulian Forum Singojuruh Bersatu terhadap pendidikan yang ada di wilayah Kecamatan Singojuruh, secara khusus dilingkungan
lembaga pendidikan Ponpes Ihya' Ulumudin Desa Padang. Oleh karena itu Camat tanpa pertimbangan macam-macam mengamini keberadaan Forum Singojuruh Bersatu (FSB).

foto: Penyampaian Kapolsek Singojuruh ( AKP, Abdullah Syajad SH )

Juga disampaikan Kapolsek Singojuruh ( AKP Abdullah Syajad, SH ) dalam kesempatan tersebut, meminta kepada semua pihak untuk tidak berlebihan merespon persoalan yang terjadi di Ponpes Ihya' Ulumudin terkait prilaku oknum FZ. Dan Kopolsek minta masyarakat mempercayakan masalah yang terjadi ini kepada pihak Polresta Banyuwangi untuk melakukan proses dan penegakan hukumnya. "Juga meminta kepada para pihak untuk membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa persoalan FZ adalah prilaku oknum jangan dikaitkan dengan lembaga pendidikan (Pondok Pesantren). Kapolsek juga menegaskan, bahwa Polsek Singojuruh tetkait persoalan ini konsentrasi melakukan pemantauan dan pengamanan untuk tetap menjaga kondusifitas masyarakat khususnya di Desa Padang dan Singojuruh umumnya. "pingkas kapolsek

Ditempat yang sama juga dispaikan Kepala Sekolah SMK Negeri Ihya' Ulumudin Padang ( Gatot Kurnianta ) awali sambutannya dengan mengklarifikasi bahwa SMK Negeri Ihya' Ulumudin secara umum terpisah dengan ponpes. Namun tidak menafikan bahwa siswa-siswi yang ada di SMK ada yang mondok di Pesantren Ihya' Ulumudin. 

Berikut dikatakan Gatot, yang di kakukan SMK ketika kejadian meledak di media terkait oknum Pengasuh Pondok. Secara psikologis kepada dewan guru di SMK meyakinkan bahwa persoalan tersebut sudah menjadi urusan aparat penegak hukum. Dan diminta kepada semua komponen yang ada di SMK untuk tetap optimis melaksanakan tugas sebagai lembaga pendidikan yang notabenenya adalah bertanggung jawab penuh kepada Dinas Pendidikan. Terkait kejadian tersebut Kepsek ( Gatot ) mengaku sudah melaporkan ke Kepala Cabang Dinas di Banyuwangi dan diteruskan ke Kepala Dinas di Provinsi. Atas nama pribadi juga lembaga Gatot menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, mungkin ini adalah sebuah peristiwa untuk pembelajaran bersama yang bisa diambil hikmahnya. Sehingga ke depan pendidikan di lingkungan Ihya' Ulumudim khususnya maupun Singojuruh secara umum akan lebih baik dan
lebih maju. "jelas Gatot

foto: Ketua FSB ( M. Vahid Faiq )

Sememtara itu, Ketua Forum Singojuruh Bersatu ( M. Vahid Faiq ) sebelum membacakan pernyataan sikap organisasinya, menyampaikan  bahwa apa yang dilakukan olen FSB hari ini, tidak lebih dari sebagai bentuk kepedulian-Nya kepada pendidikan yang ada di Singojurun baik formal non formal, khususnya Ponpes Ihya' Ulumudin Desa Padang dan lembaga pendidikan yang dibawah naungan Ihya' Ulumudin. 

Berikut pernyataan sikap dari Forum Singojuruh Bersatu (FSB) sebagai dukungan moral terhadap keluarga besar Pompes Ihya' Ulumudin dan lembaga pedidikan yang ada di dalamnya. 

1). Menyampaikan permohonan maaf kepada segenap warga Banyuwangi Jawa Timur, khususnya wilayah Desa Padang Kecamatan Singojuruh. Atas terjadinya tindakan asusila yang diduga dilakukan oleh oknum FZ (Pengasuh Ponpes Ihya' Ulumudin ). Dan ungkapan permintaan maaf kepada para wali santri dan wali murid baik yang diduga jadi korban tindakan asusila maupun yang tidak. 

2). Baik secara pribadi juga atas nama Forum Singojuruh Bersatu, turut prihatin atas persoalan yang menimpa Ponpes Ihya' Ulumudin Desa Padang.

3). Forum Singojuruh Bersatu, sepenuhnya menyerahkan dan percaya kepada aparat Polresta Banyuwangi atas proses hukum terhadap oknum diduga pelaku asusila atas nama FZ itu.

4). Forum Singojuruh Bersatu berharap agar kejadian memalukuan dan memilukan ini, tidak terjadi di semua lembaga pemdidikan formal non formal termasuk Pondok Pesantren yang ada di wilayah Kecamatan Singojuruh,

5). Forum Singojuruh Bersatu hari ini bersepakat dan bertekad membantu memulihkan nama baik Pondok Pesantren Ihya' Ulumudin.

6). Forum Singojuruh Bersatu memohon dengan hormat kepada masyarakat terutama wali santri dan wali murid MTs, Aliyah, dan SMK Ihya' Ulumudin, tidak menarik anak-anaknya dari lingkungan pendidikan Pondok, MTs., Aliyah, dan SMK Ihya' Ulumudin.

7). Forum Singojuruh Bersatu akan turut serta mengawal dan mengawasi kegiatan pendidikan siswa-siswi dan santri Pondok serta lembaga pendidikan di lingkungan Ihya' Ulumudin.

8). Mendesak kepada lembaga Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Banyuwangi untuk selalu berinteraksi dan melakukan pendampingan penuh atau perlindungan penuh kepada para korban yang diduga dilakukan oleh oknum FZ, agar mental dan psikologis korban segera pulih kembali dan bisa berbaur kepasa masyarakat umum seperti biasanya.

Usai pernyataan sikap didampingi oleh Forpimka, suport dan dukungan atas apa yang dilakukan oleh Forum Singojuruh Bersatu (FSB), yaitu banyak tokoh masyadakat berdatangan ke Pendopo Kantor Kecamatan Singojuruh termasuk dari anggota DPRD Banyuwangi yang kebetulan ada kegiatan sosialisasi Perda di Kecamatan Singojuruh


Editor: Buang Arifin
Pewarta:Yono
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts