Pembukaan dan Pelepasan Peed Aya (PAWAI) PKB XLIV Tahun 2022.

 


Denpasar, www.teropongtimur.co.id

Bertepatan dengan hari Minggu tanggal 12 Juni 2022 pukul 14.30 Wita bertempat di panggung terbuka Depan Monumen Perjuangan Bajra Sandi Renon, Desa Sumerta Kelod, Kec Denpasar Timur, Kota Denpasar 

Di laksanakan kegiatan pembukaan dan pelepasan peed aya (pawai) PKB XLIV Tahun 2022 yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI (Tito Karnavian) beserta di hadiri sekitar 2500 orang.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut :

Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Juga Gubernur Bali beserta Ibu  Dan Wakil Gubernur Bali beserta Ibu Juga di dampingi oleh Ketua DPRD Provinsi Bali.


Dari instansi militer Panglima Kodam IX/Udayana diwakili oleh Asterkasdam IX/Udayana. Juga Kapolda Bali, Dan Danrem 163/Wirasatya, Di dampingi Lanal Denpasar Dan Lanud Ngurah Rai ikut serta Kabinda Bali, Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Kepala Pengadilan Tinggi Denpasar, Sekretaris Daerah Provinsi Bali beserta Ibu Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia,  Juga Dirut PT. PLN (Persero), Pertamina (Persero), PT. Jasa Raharja, PT. Pegadaian, Dirut PT. Waskita Karya, PT. Adhi Karya, PT. Wijaya Karya, PT. Nindya Karya, Dirut PT. Hutama Karya, PT. Pembangunan Perumahan, PT. Angkasa Pura I, Dirut PT. Pelindo, PT. Askrindo, PT. Telkom Indonesia Dirut PT. Bank Negara Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia, PT. Bank Mandiri, PT. Bank Central Asia, Bank BPD Bali.

Juga hadir Koordinator Kelompok Ahli Bidang Pembangunan Pemerintah Provinsi Bali, Kelompok Ahli Bidang Pembangunan Pemerintah Provinsi Bali Bidang Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya, Wakil Ketua I, II, III, IV DPRD Provinsi Bali, Bandesa Agung Majelis Desa Adat Provinsi Bali, Ketua PHDI Provinsi Bali, Konjen dan Konsul Kehormatan Negara Sahabat RI , Walikota Denpasar beserta Ibu. Para Bupati se Prov Bali, nampak hadir Bupati Indramayu Provinsi Jawa Barat,  Ketua DPRD Kota Denpasar dan Kabupaten Se Prov Bali. Ketua KPU Provinsi Bali, Kepala Perwakilan OJK Provinsi Bali, Kepala BPK RI Perwakilan Bali, Para Staf Ahli Gubernur, Para Asisten Pemerintahan Provinsi Bali, Sekretaris DPRD Provinsi Bali beserta Ibu, Para Kabag Daerah Prov Bali , Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali, Para Kadis SE Prov Bali. Para Kepala Biro se Prov Bali. Para Rektor Universitas se Bali.


Dalam Rangkaian kegiatan PKB

Pada Pukul 14.00 Wita Laporan serta Sambutan Gubernur Bali yang intinya.

Pada hari ini kita bersama sama dapat menghadiri pembukaan dan pelepasan peed aya (pawai) PKB XLIV Tahun 2022 yang dihadiri oleh Mentri Dalam Negeri RI dan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam hal ini diharapakan Bali dapat bangkit menuju Bali era baru dan lebih maju juga berkembang terus.


Pada PKB XLIV Tahun 2022 ini dengan mengangkat tema "Danu Kerthi Huluning Amerta/Memuliakan Air Sumber Kehidupan dengan menampilkan kesenian dan budaya Bali yang diikuti sebanyak 2.400 orang senimana asal provinsi bali dengan ini banyaknya antusiasme peserta PKB kali ini menunjukan semangatnya para senimanan Bali untuk bangkit dari ketepurukan selama pendemi Covid-19 diwilayah Bali dan kegiatan ini di rencang  berlangsung selama 1 bulan dari tanggal 12 Juni 2022 s.d 10 Juli 2022.


Dengan ini dapat berkenannya Mentri Dalam Negeri RI untuk memberikan sambutan dalam pembukaan dan pelepasan peed aya (pawai) PKB XLIV Tahun 2022.


Dalam Sambutannya Menteri Dalam Negeri RI menyampaikan.

" Hari ini Presiden dan Wakil Presiden RI sangat mengapresiasi atas terselengharanya PKB XLIV Tahun 2022 dimana 2 tahun yang lalu PKB tidak dapat dilaksanakan secara nyata dikarenakan terdampaknya Musim Pendemi Covid-19.


Juga Selama 2 tahun pariwisata Bali sangat anjlok dikarenakan adanya Pendemi Covid-19 dapat rasakan oleh masyarakat Bali, berkat kerja kerasnya Gubenur Bali, Pangdam IX/Udayana dan Kapolda Bali dapat menekan penyebaran Covid-19 diwilayaha Bali, terkendalinya Covid - 19 diwilayah Bali berkat Vaksinasi yang sudah diterima oleh masyarakat. Meskipun masih adanya yang terinfeksi Covid-19 masih dapat dikendalikan.


Kali ini kegiatan PKB XLIV Tahun 2022 dengan tema Danu Kerthi Huluning Amerta/Memuliakan Air Sumber Kehidupan, yang mencerminkan betapa berharganya kehidupan dengan air, dengan terselenggaranya PKB kali ini yang melibatkan Mestro dan Seniman Bali menunjukan Seni dan Budaya Bali masih lestari yang tidak tergerus dengan kemajuan jaman saat ini" Ujarnya.

Juga Mendagri menyampaikan "Kami sedang melakukan revisi terkait dengan UU, dalam membahas dan memperjuangkan pasal khusus budaya adat Bali sehingga diakui dan dapat terlindungi dari arus moderenisasi dan kebijakan pusat sehingga tidak tergerus dengan hal tersebut.


Saya selaku Mentri Dalam Negeri RI mewakili Presiden dan Wakil Presiden dengan ini saya membuka PKB XLIV Tahun 2022 sehingga kedepannya kesenian Bali dapat maju lestari sampai anak cucu kita dan tetap ada sebagai bagian NKRI


Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan dan pelepasan peed aya (pawai) PKB XLIV Tahun 2022 ditandai dengan pemukulan gong oleh Mentri Dalam Negeri RI yang didampingi Gubernur Bali.


Dan Pelepasan peed aya (Pawai)  Di buka dengan Garapan Pembuka : Tari Siwa Nataraja persembahan Pemerintah Provinsi Bali.

1) Gamyuh Agung persembahan Institut Seni Indonesia Denpasar.

2) Kabupaten Buleleng.

3) Kabupaten Jembrana.

4) Kabupaten Karangasem.

5) Kabupaten Bangli.

6) Kabupaten Klungkung.

7) Kabupaten Tabanan.

8) Kabupaten Gianyar.

9) Kabupaten Badung.

10) Kabupaten Denpasar.

11) Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja.

12) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.

13) Museum Pasifika.

14) Bank Indonesia berkolaborasi dengan Lembaga Sipil. Perbankan Bali p) Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali.

15) Universitas Udayana.

16) Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar.

17) Universitas Hindu Indonesia Denpasar.

18) Universitas Mahasaraswati Denpasar .

19) Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali.


Juga Universitas PGRI Mahadewa Indonesia.

SMKN 3 Sukawati.

SMKN 5 Denpasar.


Pada Pukul 16.55 Wita para tamu undangan meninggalkan panggung terbuka Depan Monumen Perjuangan Bajra Sandi Renon Denpasar kegiatan selesai  berjalan dengan lancar dan aman. 

Pewarta : Tim Saminto/Amin

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts