*Soal Kerusakan Jalan Kabupaten Di Wilayah Kecamatan Singojuruh, Tomas Rudy Angkat Bicara*


foto sepesial: Rudy Hartono ( tokoh Masyarakat. juga selaku penasehat 1 di Forum Singojuruh Bersatu/FSB


Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.


Protes warga tentang kerusakan jalan hampir merata terjadi di Kabupaten Banyuwangi. Beberapa waktu terakhir ini aksi protes warga dengan cara menanam pohon pisang terjadi di Desa Gendoh Kecamatan Sempu -Banyuwangi

Kerusakan parah juga terjadi pada beberapa ruas jalan Kabupaten yang ada di wilayah Kecamatan Singojuruh. Bahkan menuai konflik berkepanjangan antara masyarakat salah satu Desa dengan pengusaha tambang pasir juga sopir armada pekerja material. Seolah masyarakat lempar kesalahan penyebab terjadinya kerusakan jalah karena aktivitas pertambangan dan lalu lalang armada material.

Merespon persoalan tersebut, RUDY HARTONO, tokoh masyarakat setempat, yang lebih dikenal dengan sebutan RUDY telok Lemak (35) di lingkungan sepergaulannya itu. Dalam wawancara eksklusifnya Sabtu 18/6/2022 kepada media teropong timur news menyampaikan. 

"Soal kerusakan pada jalan-jalan Kabupaten di Banyuwangi ini hampir merata terjadi. Namun kita tidak perlu saling mencari kambing hitam menuding karena ini, itu dan seterusnya. Karena kerusakan pada segala sesuatu di dunia adalah keniscayaan. Yang tepat adalah bagaimana cari jalan keluarnya supaya setiap persoalan tidak berkepanjangan, ini pendapat saya, "kata RUDY yang juga selaku Dewan Penasehat I di Forum Singojuruh Bersatu (FSB) yang sedang berproses itu.

Menanggapi aksi protes yang dilakukan warga terkait kerusakan jalan satu misal di Desa Gendoh Kecamatan Sempu, menurut RUDY itu wajar-wajar saja dan manusiawi.

"Aksi protes warga Desa Gendoh tanami jalan dengan pohon pisang itu wajar-wajar saja dan manusiawi. Jawabannya kan mudah, bagaimana hal yang sama supaya tidak terjadi, ya..salah satu solusinya adalah mungkin segera dilakukan perbaikan. Atau kalau memang masih belum bisa dilakukan perbaikan sampaikan kepada masyarakat apa sebabnya yang penting masyarakat bisa memerima, pasti selesai. Tapi kalau tidak ada respon dari pihak yang terkait, ya...tidak bisa disalahkan bila masyarakat melakukan aksi protes dan semacamnya lagi. Terlebih bahwa masyarakat yang sebutan lainnya adalah Rakyat kedudukannya sebagai apa di negeri ini menurut UUD 45 sudah sangat jelas, "sambungnya.

Satu sisi RUDY mengaku memaklumi kenapa perbaikan jalan di Banyuwangi masih belum semuanya terlaksana. Bisa jadi kata RUDY, karena banyak persoalan yang jadi perhatian Pemerintah Daerah, bisa jadi karena ketersediaan anggarannya, atau bisa jadi anggaran sudah tersedia dan sudah terprogram hanya soal waktu pelaksanaannya yang bertahap. "Namun harapan RUDY, soal perbaikan jalan memohon kepada Pemerintah Daerah atau Dinas yang terkait. Untuk menempatkan persoalan infrastruktur terutama jalan pada sesuatu yang sifatnya sedikit emergency. 

"Saya berharap kepada Pemerintah Daerah, soal infrastruktur terutama jalan diprioritaskan dan sifatnya sedikit dianggap emergency. Karena apa, selain untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, demi kelancaran akses perekonomian masyarakat juga antisipasi konflik antar masyarakat dan krisis kepercayaan masyarakat terhadap Kepala Desanya. Satu contoh di Desa Cantuk, kalau tidak pandai-pandai dan bijaknya Pemerintah Desa juga Formpika bangun komunikasi dan koordinasi dengan masyarakat. Maka gesekan masyarakat dengan sopir armada material pasti terjadi dan siapa yang bertanggung jawab kalau itu terjadi", tegas RUDY

Sementara dampak yang lain menurut RUDY, berikut karena persoalan jalan rusak itu juga terjadi krisis kepercayaan masyarakat terhadap Kepala Desanya. Muncul anggapan bahwa Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desanya, tidak peduli atas keluhan masyarakatnya. Terlebih bila di desa itu masih kental ada sekat dampak dari politik Pilkades, Kepala Desanya diserang habis-habisan oleh pihak kontra melalui medsos sehingga terjadi keresahan.

"Saya juga berharap dan memohon bantuannya kepada anggota DPRD yang ada di Dapil 2, menyambungkan aspirasi masyarakat Singojuruh yang menginginkan adanya perbaikan jalan kepada Pemerintah Daerah. Monggo dilakukan tinjau lapang seperti apa kondisi jalan di wilayah Cantuk, Kemiri, Singojuruh, Lemahbangkulon, Singolatren, Sumberbaru, dan Padang sebagian", harapnya kepada anggota DPRD yang ada di Dapil 2.

Terakhir RUDY menyampaikan keyakinannya bahwa Pemerintah Daerah akan mengabulkan apa yang jadi aspirasi masyarakat Singojuruh. 

"Saya yakin seyakin- yakinnya Pemerintah Daerah akan merespon positif aspirasi masyarakat Singojuruh, ini hanya soal waktu saja. Setidaknya kalau memang tidak segera dieksekusi perbaikan, ada upaya lain dulu yang bisa diterima dan mendinginkan hati masyarakat. Karena saya sendiri ngeri ketika mendengar penyampaian salah satu Kepala Desa saat Rapat Koordinasi terkait jalan rusak di Pendopo Kecamatan Singojuruh. Yang mengkhawatirkan adanya gerakan masyarakatnya gara-gara tidak adanya titik temu penyelesaian dengan pihak Penambang tentang komitmen perbaikan jalan, "pungkasnya. 


Editor pusat PT.. Teropong Post Jaya Media Cetak & Online Teropong Timur News: Buang Arifin /35
Pewarta: Yono
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts