Walhi Lampung Angkat Bicara Terkait Kerusakan Lingkungan Oleh Penambang yang Diduga Ilegal di Lamtim

 



Lampung Timur ,  www.teropongtimur.co.id

Viralnya pemberitaan terkait tambang pasir ( galian C ) yang diduga Ilegal di Pasir Sakti akhirnya mendapat tanggapan dari  ketua Wahana Lingkungan Hidup ( Walhi ) Provinsi Lampung.


Menurut Irfan Tri Mursi ketua Walhi Lampung yang dihubungi via WatsApp saptu, (11-06-2022) pihaknya pernah turun dan meninjau langsung pertambangan galian C di pasir Sakti pada tahun 2015  dan 2016, sejak itu menurut nya pihak Walhi belum turun lagi.


 "Terkait dengan tambang pasir di Pasir Sakti, terakhir kita monitoring dulu tahun 2015 dan 2016. Dan belum pernah turun lagi kesana sampai dengan saat ini" jelas Irfan Tri Mursi.


"Tentunya kalau ada aktivitas tambang yang diduga illegal dan juga di organisir oleh pemilik modal/boss tentunya hal ini harus segera ditertibkan dan dilakukan tindakan penegakan hukum baik oleh Pemerintah maupun Aparat Penegak Hukum ( APH ), karna aktivitas pertambangan tanpa izin merupakan aktivitas illegal yang dapat dipidana sesuai dg UU 3 tahun 2020.

Terlebih lagi kalau kita melihat bagaimana situasi dan kondisi Pasir Sakti akibat masifnya tambang pasir disana, di masa lalu yang hari ini kondisi lingkungan di Pasir Sakti sudah rusak akibat banyaknya lubang bekas glian tambang yang dibiarkan begtu saja.

Oleh sebab itu, jangan sampai ada pembiaran oleh Pemerintah dan APH, kalau memang ada yg membekingi jangan segan-segan untuk menindak siapa beking dan bos dari tambang tersebut.

 Jangan sampai Pasir Sakti tambah rusak dan sulit dipulihkan ke depannya' tegas Irfan 


Pewarta : Burhan

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts