*Warkshop: Memanen Air Hujan Bermitigasi Dan Menumbuhkan Generasi Cerdas Melalui Pemanfaatan Air Hujan*



Banyuwangi,www.teropongtimur.co.id.

Untuk menumbuhkan generasi cerdas didunia pendidikan melalui pemanfaatan air hujan, kini bertempat diruang Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) alamat Dusun Susukan Kidul Desa Gladag Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi, pada Senin 6 Juni 2022 adakan sosialisasi mendirikan sekolah air hujan bersinergi bersama Komunitas Banyu Bening (KBB) Jogjakarta.

Hal tersebut dilakukan menurut keterangan Sri Wahyuningsih, S.Ag selaku Founder Banyu Bening kepada wartawan menjelaskan. "kita melakukan Sosialisasi ini agar selama ini mindset masyarakat kita tentang air, entah itu air dalam maupun air permukaan. "Dalam hal ini kita mau sadari atau tidak, ketika masyarakat hanya termindset untuk mengexploitasi air tanah, masyarakat belum punya kesadaran untuk mengembalikan apa yang diambil dari tanah ini, akhirnya yang terjadi adalah kita mulai divisit air tanah,"ungkap Sri Wahyunu
"Pentingnya sosialisasi ini bagaimana masyarakat nanti bisa terbangun kesadarannya kalau ambil air satu galon ya harus bisa mengembalikan air satu galon, karena ini bagian dari tanggung jawab moral kita untuk menjaga bahwa apa yang kita punya ini harus sampai besok ke generasi berikutnya, ini penting saudara.
Maka untuk mengatasi krisis ini edukasi sangat penting  baik melalui metode religi maupun secara umum yang pada prinsip bagaimana kita mengurai krisis ini melalui edukasi",  ujarnya .

"Dan untuk harapan kedepannya kita ingin ketika masyarakat mulai terbangun kesadarannya kita harus melakukan satu gerakan  masyarakat akan menjadi gerakan bersama, "harapnya Sri Wahyuningsih.

Dalam kesempatan tersebut  Direktur PKBM At Taubah Sunaryo SH, M.Pd menerangkan," sekolah air hujan Banyuwangi ini adalah bagian jaringan sekolah air hujan di nusantara, harapan kami dapat menumbuhkan kesadaran bersama akan pentingnya air, air hujan adalah virgin water yang murni dan murah jyga kaya manfaat, dengan  alat sederhana akan bisa dimanfaatkan dengan nilai ekonomis yang luar biasa, "pungkasnya


Sementara Dokter Bintari Wuryaningsih, SE dari Rumah Sakit Islam Fatimah Banyuwangi yang juga jadi salah satu peserta, sejak dikonfirmasi mengucapkan,  "Syukur Alhamdulillah dengan mengikuti sesi penjelasan dari narasumber tadi kita bisa tau manfaat air hujan bagi kehidupan kita sangat luar biasa. Air hujan diturunkan Allah banyak sekali manfaatnya, terutama untuk kesehatan kita, kelestarian alam kita dan bumi kita semakin lestari. 
"Manfaat untuk kesehatannya sungguh luar biasa air, hujan ini adalah investasi bagi anak cucu kita masa depan. Semakin banyak masyarakat mengetahui maanfaat air hujan, maka bisa menjadi masyarakat  ramah lingkungan. "terangnya

Juga diktakan Agus Wahyudi dari peserta warga belajar juga.
"Sangat bermanfaat sekali bagi kita manfaaf dari pada air hujan yang sebenarnya, ini pelajaran yang baru bagi saya, kedepan nya kita harus bersyukur kepada tuhan telah memberikan air hujan yang penuh manfaat bagi kita. "pungkasnya.

 
Sumber: Apong
Editor: Buang Arifin
Pewarta: Suyono
Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts