Aksi budaya yang di lakukan oleh Warga Desa adat Intaran dalam rangka menolak LNG di Kawasan Manggrrove sekaligus mempertanyakan kesimpangsiuran lokasi pembangunan LNG di Kawasan Manggrove

 

Bali, www.teropongtimur.co.id


Denpasar, Pada hari kamis tanggal 14 juli 2022 jam 10.00 Wita di Depan Kantor Gubernur Prov.Bali jalan Basuki Rahmat Desa Sumerta Kelod Kec.Denpasar Timur Kota Denpasar telah berlangsung aksi budaya yang di lakukan oleh Warga Desa adat Intaran dalam rangka menolak LNG di Kawasan Manggrove sekaligus mempertanyakan kesimpangsiuran lokasi pembangunan LNG di Kawasan Manggrove "Ngentrnin Gubernur" sebagai korlap Bendesa Adat Intaran I Gusti Agung Alit Kencana, yang di ikuti sekitar 500 Peserta aksi.

Turut hadir dalam kegiatan aksi tersebut

a. Toga dan todat maupun Tomas Desa adat Intaran 

b. Perwakilan Warga Intaran

Sekita jam 09.00 Wita para peserta aksi berkumpul di Wantilan Desa adat Intaran dan selanjutnya menuju ke Titik kumpul di Parkiran Timur Monumen Bajra Sandi.

Dan sekitar jam 10.10 Wita para peserta aksi tiba di Parkiran Timur Monumen Bajra Sandi Desa Sumerta Kelod sembari memutar lagu "Tolak Terminal LNG" 

Para peserta aksi bergerak meninggalkan Parkiran Timur Bajra Sandi menuju ke Kantor Gubernur Bali sembari berteriak "Rakyat Bali turun aksi ,Jangan kita diam mari kita Lawan dengan Tolak Pembangunan Terminal LNG di kawasan Manggrove" setibanya di Depan Kantor Gubernur Bali sembari menyampaikan orasi yang intinya.

-. Mari kita tampilkan/Pertunjukan Tarian Barong maupun Rangda beserta dengan Gong Baleganjur dengan pertanda semangat kita yang pantang menyerah untuk menolak pembangunan Terminal LNG di kawasan Manhgrove dan melambangkan segara kerti.Segera cabut perijinan pembangunan Terminal LNG di kawasan Manggrove 

-Penyampaiam dari Pemuda Intaran menuntut kepada Gubernur Bali untuk mencabut perijinan pembangunan di Kawasan Manggrove.Segara kerthi jangan hanya di jadikan jargon dalam Visi dan misi bapak namun bapak yang menghianati visi dan misi tersebut 

-Penyampaian Dari Perwakilan PKK Intaran bahwa menolak pembangunan Terminal LNG di kawasan Manggrove dan kami menuntut agar mencabut Perijinan pembangunan tersebut.bertahun tahun kita telah merawat dan memlihara kawasan manggrove tersebut malah bapak gubernur malah merusaknya 

-Penyampaiam oleh Kelian Banjar Blanjong yang intinya.

- Hasil kesepakatan kita seluruh Banjar se Desa adat Intaran sepakat menolak pembangunan LNG di kawasan Manggrove dan perjuanggan kami akan kami terus lakukan sampai pembangunan tersebut di pindahkan dari Kawasan Manggrove.Kegiatan kami ini bukan saja untuk hari ini saja namun kegiatan ini adalah untuk memperjuangankan anak cucu kami.

-Penyampaian orasi oleh Tomas  (Wayan Maryana Wandira) Yang intinya.

- Kita datang ke sini dengan hati yang tulus tanpa ada paksaan.Yang kami tolak adalah tempat/Lokasi pembangunan LNG tersebut, sehingga kedatangan kami ke sini ingin mendapatkan kepastian lokasi/tempat pembangunan tersebut.

-Pada saat pejabat ingin mendapatkan jabatan maka suara rakyat adalah suara tuhan namun jangan jadikan suara kami suara setan setelah anda mendapatkan jabatan tersebut.Maka dari pada itu suara rakyat terus di jadikan suara Tuhan.Tolong berilan kami jawaban segera sehingga kami mendapatkan kepastian.Dan kami datang hanya benerapa persen semoga apa yang kita perjauangkan bapak hubernur Bali telah mencatat dan segera mengambip langkah.

-Penyampaian orasi oleh Tomas (Made Arjaya) yang intinya. Saya harapkan bapak Gubernur Bali jangan hanya mendengarkan suara dari atas saja mohon dengarkan suara kami dan bilamana suara kami tidak di dengarkan maka kami akan terus melakukan perjuangan ini,saya adalah warga yang sangat dekat dengan pembangunan tersebut maka kami yang akan menanggung kerusakan tersebut.

-Penyampaian orasi oleh Bendesa adat Pekraman Intaran yang intinya.

- Kami hadir di sini di kareanakan saat ini kami Galau dan resah dan kami ke sini ingin meminta apa yang bapak gubernur Sampaikan itulah yang harus di lakukan. Kita sudah muak dengan kepura puraan 

kami hadir ke sini untuk meminta untuk mencabut perijinan pembangunan dan tidak melakukan revisi dan agar membuka seterang terangnya sehingga masyarakat memjadi terang di karenakan kami saat ini mempercayakan bapak untuk memimpin kami.Kami datang dengan baik baik dan semoga bapak gubernur bisa memahami isi hati rakyat bukan hanya berbicara tentang rakyat.

-Kami tidak banyak memprotes dan dan menuntut, kami hanya kami ingin kebijakan bapak gubernur tentang pembangunan LNG di kawasan Manggrove di cabut.

-Di sini kami bukan saja dari Masyarakat intaran namun di sini juga hadir Dari Kekal dan Walhi dan Fountir Bali untuk secara bersama sama melakukan perlawanan terhadap kebijakan bapak Gubernur Bali.

-Kami akan hadir di sini dan kami akan selalu ada dan kami akan selalu membayang bayangi selama kebijakan bapak belum di rubah.

-Kami saat ini ingin di terima dengan baik namun kita lihat bahwa saat ini pintu Kantor gubernur di kunci namun kami akan selalu mengingatkan bapak gubernur melalui media sosial.

-Saya harapkan setelah selesai kegiatan  kita kita pulang/kembali kerumah dengan baik bail sehingga perjauangan kita tidak cidera 

"Penyampaian Wayan Gendo Surdana yang intinya".

- Bagi saya yang sangat sengsara saat ini adalah  warga Intaran maupun Bendesa adat Intaran di karenakan dengan adanya pandemi Covid 19 dan saat ini warga Sanur bisa Bangkit dan warga bisa menata perekonomiannya malah pemerintah tidak memberikan dukungan kepada warganya untuk meningkatkan perekonomian malah melimpahkan permasalahan dengan yang terjadi saat ini.

-Yang hadir di sini meninggalkan kerjanya demi Menyuarakan perlawanan dalam artinya bilamana warga tidak kerja maka warga tersebut tidak di gaji.bilamana negara tidak dapat menolong warganya untuk meningkatkan perekonomian pada waktu pandemi covid - 19 maka janganlah warganya di berikan permasalahan seperti ini.

-inilah gerakan yang sangat mendukung/Mewujudkan visi dan misi "Nagun Kerthi sat loka Bali" (Jagat Kerhi ,Segara kerthi dan Danu kerthi) malah gerakan kami ini di bilang/Cap gerakan pembangkangan/perlawanan.Kita tidak bertentangan dengan visi Gubernur Bali tapi kita memprotes kebijakan gubernur.Bilamana kebijakan bapak gubernur tidak melawan visi dan misi dirinya sendiri maka kami tidak akan hadir di sini.

-Presentasi PT.DEB  pembangunan terminal LNG tersebut berlokasi di Kawasan Manggrove yang mana akan membabat 3 Hektar manggrove dan belum lagi dampak di sekitarnya.,Kita sudah mengalami pengurangan pohon Manggrove salah satunya dengan pembangunan jalan Tol Bali Mandara.

-Fungsi manggrove sangatlah banyak untuk menanggulangi bencana abrasi  maupun banyak lagi.Maka gerakan/kita ini adalah menyelamatkan lingkungan kita. 

-Saya sangat ingin bapak gubernur maupun PT.DEB hadir di sini untuk mengajak kita berkomunikasi berkaitan dengan pembangunan tersebut/studi kelayakan.

Selanjutnya masa membacakan inti dari aksi tersebut

1. Meminta Gubernur Bali untuk mencabut segala perizinan sekaligus menghentikan rencana pembangunan Terminal LNG di Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

2. Meminta Gubernur Bali untuk menghentikan seluruh agenda yang membahas peninjauan kembali dan/atau revisi PERDA Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Bali yang melegalisasi pembangunan Terminal LNG di kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

3. Meminta Gubemur Bali membuka data Studi Kelayakan terkait rencana Pembangunan Terminal LNG di Kawasan Mangrove.

Demikian tuntutan ini kami sampaikan demi kelestarian dan keberlanjutan ekosistem mangrove di TAHURA Ngurah Rai dan Pesisir Bali. Tolak Terminal LNG di Kawasan Mangrove

Sekitar jam12.00 Wita para peserta aksi kembali ke Parkiran Timur Bajra Sandi untuk selanjutnya membubarkan diri. kegiatan Aksi budaya yang di lakukan oleh Warga Desa adat Intaran selesai dengan aman dan lancar


Pewarta : Amin

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts