*Genset Portable Ramah Lingkungan, Binaan Kodim Sumedang Berinovasi*

 


Sumedang, www.teropongtimur.co.id

Pembangkit listrik dengan kekuatan 5000 watt dari hasil inovasi Bapak Mochamad Yunus, Bapak Dedi Supriadi, Bapak Ateng Suhendar yang bekerja sama dengan Kodim 0610/Sumedang, terus disempurnakan. Mereka adalah warga Dusun Cipicung RT 11 RW 04 Desa Conggeang Wetan Kecamatan Conggeang Kabupaten Sumedang. Dengan dukungan Dandim 0610/Sumedang Letkol inf Zaenal Mustofa S.E.,M, hasil inovasi tersebut terus disempurnakan, dan akan diupayakan hak patennya.


Genset Portable ramah lingkungan Inovasi dari Kodim Sumedang tersebut cukup sederhana, dengan menggunakan Accu sebagai sumber listrik awal, setelah melalui Genset inovasi tersebut dapat menghasilkan arus listrik AC sebesar 220 volt seperti listrik PLN di  rumah pada umumnya  dengan masa pakai hingga 6 jam non stop. 


Demikian dikatakan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di Kantor Pendam III/Siliwangi Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jawa Barat, Jum’at (1/7/2022).


Hasil inovasi tersebut sambung Kapendam, mendapat perhatian Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, yang langsung mengecek dan mencoba fungsi serta kemampuan Genset tersebut di Bengrah Paldam III/Siliwangi Jl. Gudang Utara Bandung pada Kamis (30/6/2022) kemarin.


Lanjutnya mengatakan, Genset Portable yang sedang disempurnakan dan akan diupayakan hak patennya, rencana akan disebar luaskan kepada masyarakat khususnya di wilayah pertanian, perkebunan juga pedalaman. Dengan memanfaatkan Genset Portable ini juga, bisa dimanfaatkan untuk mesin pemotong teh.


Selain ramah lingkungan Genset Portable dengan berat 25 Kg yang mampu diangkat oleh 2 orang dewasa, dalam perawatannya hanya  mengecek air pada Accu yang sementara ini masih menggunakan Accu basah,  dalam penyempurnaannya nanti akan menggunakan Accu lithium.


“Genset Portable ini juga dapat digunakan di perumahan, apabila listrik utama mati,” jelasnya.


Di tempat berbeda Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa S.E.,M.Si., mengatakan, Genset tersebut masih dalam tahap uji coba, selanjutnya setelah melalui pengujian tim ahli akan disempurnakan dan mungkin bisa diproduksi untuk dipakai keperluan warga masyarakat umum.


“Saya berharap hasil inovasi tersebut dapat digunakan oleh satuan TNI untuk keperluan di lapangan, terutama yang berada di daerah pedalaman dan juga di daerah operasi,” ucap Dandim.


Dandim mengajak semua anak bangsa Indonesia untuk menunjukkan kreatifitas dan inovasinya seperti yang dicontohkan Bapak Mochamad Yunus, Bapak Ateng Suhendar dan Bapak Dedi Supriadi. 


“Hasil inovasi ini adalah salah satu aset bangsa yang terbaik sehingga temuan yang sudah dilakukan akan ditingkatkan lagi,” Pungkas Dandim. 

Sumber : Pendam III/Siliwangi

Pewarta : Hadi

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts