Himbauan kamtibmas dan antisipasi penyakit mulut dan kuku kepada warga peternak sapi di wilayah Kel. Nglegok

Blitar kota.www.teropongtimur.co.id


Kasus penyakit mulut dan kuku mulai mengkawatirkan beberapa warga yang mempunyai hewan ternak terutama hewan ternak sapi. Beberapa warga khawatir wabah penyakit mulut dan kuku ini menyerang hewan ternak secara tiba-tiba sehingga dapat mengakibatkan kerugian. Bahkan sebagian hewan ternak khususnya sapi ada yang mati mendadak. Penyakit mulut dan kuku ini mengakibatkan kerugian lumayan besar kepada peternak sapi. Beberapa hewan ternak pada mulanya hanya menurun nafsu makannya. Lama kelamaan sapi akan menjadi kurus


Kasus penyakit mulut dan kuku ini menjadi salah satu perhatian dari beberapa pihak terkait. Sabtu 2 juli 2022, anggota tim patroli Polsek Nglegok  melaksanakan patroli dialogis dan patroli mobiling ke beberapa warga yang mempunyai hewan ternak. Dalam kesempatan kali ini, anggota patroli Polsek Nglegok berhenti di salah satu rumah warga di Dusun Selorejo Kel. Nglegok. Beberapa warga yang mempunyai sapi merasa khawatir dan bingung dengan adanya wabah penyakit kuku dan mulut ini.


Anggota Polsek Nglegok juga memberikan himbauan agr selalu menjaga kebersihan kandang dan kebersihan hewan ternak. Serta melakukan penyemprotan desinfektan pada kandang. Pola makan hewan dan jenis makanan hewan ternak juga perlu diperhatikan. Karena penyakit mulut dan kuku ini menyerang sapi ditandai dengan menurunnya pola makan pada sapi.


Dalam kesempatan kali ini, anggota patroli Polsek Nglegok menghimbau agar warga selalu berkorodinasi dengan mantri hewan bila menemui tanda-tanda penyakit mulut dan kuku pada hewan. Agar pihak terkait bisa melaksanakan vaksinasi kepada sapi yang terkena penyakit mulut dan kuku.


" Warga masayarakat tidak perlu panik menghadapi wabah penyakit ini. Serta tetap berkoordinasi dengan dinas pertanian atau mantri hewan sebagai salah satu antisipasi pencegahan penyakit mulut dan kuku. Kebersihan kandang harus tetap dijaga dan setidaknya kandang disemprot dengan cairan desinfektan" Pungkas Kapolsek Nglegok Iptu Nur Budi ( Yadi ) 


Sumber.  : Humas Polresta Blitar

Pawarta. : MISYADI 

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts