Ketua Perindo Hadiri Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022


Situbondo, www.teropongtimur.co.id

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo melaksanakan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan penetapan Parpol Peserta Pemilu anggota Dewan dan Dewan Perwakilan Rakyat Tahun 2024 yang dilaksanakan di Media Centre KPU Jum’at (29/07/22).

Tampak hadir Ketua KPU Marwoto, SE,  Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Bakesbangpol, Dispendukcapil,, Polres  serta Komisioner dan pengurus partai politik (parpol).

Ketua KPU Situbondo Marwoto saat membuka sosialisasi mengatakan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk menyampaikan informasi kepada stakeholder dan parpol bahwa KPU sudah membuat jadwal tahapan Pemilu 2024

“Sejak tanggal 14 Juni 2022 tahapan Pemilu 2024 sudah berjalan sesuai dengan PKPU Nomor 4 Tahun 2022,” ungkapnya.

Marwoto berharap Sebab itu ia minta para partai politik kooperatif dalam penyelenggaraan pemilu. "Ketika ada partai politik ada tidak paham mengenai di antara aturan yang ada. Maka silakan datang ke kantor KPU pada jam kerja,dan siap membantu kesulitan melalui nomor whatsapp kami " himbaunya.

sedangkan pemater iwan Suryadi mengatakan Terhadap sosialisasi ini, output yang diharapkan yakni para peserta bisa paham terhadap aturan yang disampaikan. Sehingga semua bisa sama-sama paham," harap iwan.

Dijelaskan Iwan Suryadi, sesuai putusan yang sudah ditetapkan bahwa partai politik yang bakal menjadi peserta Pemilu tahun 2024 terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran ke KPU melalui Sipol. Untuk Parpol yang telah memiliki kursi di parlemen hanya mengikuti verifikasi administrasi. Sementara Parpol non parlemen mengikuti proses verifikasi administrasi dan faktual.

"Sekali lagi saya tekankan pendaftaran melalui Sipol (Sistem Informasi Partai Politik). Jadi tidak ada lagi pendaftaran lewat KPU kabupaten/kota dan provinsi, semuanya melalui KPU pusat. Itu ada 2 macam, kalo partai yang lolos parlemen atau parliementary threshold 4 persen itu kami hanya verifikasi administrasi, tapi partai yang non parlemen yang baru mendaftar itu akan dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual," jelas komisioner KPU Situbondo.

Selanjutnya Pemateri, Iwan Suryadi memaparkan rincian program dan kegiatan tahapan pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu 2024.

Ketua Perindo Dwi Puji Rahayu  mengatakan bahwa Pihaknya bersama pengurus dan anggota  siap mendukung serta membantu mensukseskan setiap Pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Kami Perindo akan selalu siap mendukung setiap Proses pelaksanaan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024,”Jelasnya. Turut hadir Sekretaris Perindo Heri yang diwakili oleh anggota Lassion Officer (LO) yadik.

Pewarta : Joko/Tim

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts