Koarmada III Wilayah Sorong Tanam 3.000 Bibit Mangrove


Sorong Papua Barat , www.teropongtimur.co.id

 TNI AL yang terdiri dari jajaran Koarmada III, Lantamal XIV serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), masyarakat pesisir menggelar penanaman ribuan bibit pohon Mangrove di sepenjang pesisir pantai Tampa Garam, Distrik Maladumes Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (26/7/22).


Penanaman 3.000 bibit Mangrove putih jenis (Avicenia Marina) merupakan rangkapan penanaman ribuan bibit mangrove serentak di 77 lokasi berbeda mulai dari Timur Indonesia hingga ke Barat Indonesia oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI, serta Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan pejabat lainnya secara virtual.


Panglima Komando Armada III, Laksamana Muda TNI Irvansyah didampingi Komandan Lantamal XIV, Laksamana Pertama TNI Imam Musani memimpin penanaman bibit pohon Mangrove di wilayah Sorong, diikuti tamu undangan dari Forkopimda dan prajurit TNI AL.


“Jajaran Koarmada III dan Lantamal XIV Sorong didampingi seluruh Forkopimda dari kabupaten dan kota Sorong dari jajaran TNI AD, Polri,  BMKG, Basarnas, Kepala Lingkungan hidup, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Distrik Maladummes, Kepala BKSDA, bersama-sama masyarakat melaksanakan penanaman mangrove sebanyak 3000 bibit mangrove putih di area seluas sekitar 10.000 meter persegi kemudian akan dilaksanakan secara bertahap, Penanaman bibit pohon mangrove dalam rangka hari mangrove internasional sekaligus juga memperingati menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI yang ke-77, kemudian juga menyambut kegiatan G20" Tegas Pangkoarmada III.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat mencegah abrasi di pantai, meningkatkan biota laut serta taraf ekonomi masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut bahwa Mangrove banyak sekali manfaatnya selain untuk lingkungan hidup juga bisa untuk bikin berbagai macam kerajinan dan kuliner. Dalam kesempatan ini, Saya juga mengajak seluruh masyarakat mari kita menanam mangrove untuk masa depan kita, karena Mangrove sangat banyak sekali manfaatnya sekaligus menciptakan udara yang lebih baik karena menyerap karbon 5 kali lipat dari hutan tropis.” Harap Pangkoarmada III.



Sumber : Dispen Koarmada III

Pewarta : Hadi

Share:

No comments:

Post a Comment

LSM TEROPONG

LSM TEROPONG
SEKRETARIAT : 082264680777

PENGUNJUNG

IKLAN / ADV / PROFILE

IKLAN / ADV / PROFILE
Hubungi Redaksi Teropong Timur WA / Telpon / SMS : 082264680777

Popular

Featured post

LSM, ORMAS DAN AWAK MEDIA BENTUK FORUM KOMUNIKASI

LSM DAN ORMAS Serta WARTAWAN YANG HADIR Bondowoso, www.teropongtimur.co.id Puluhan LSM dan Awak Media Bondowoso Jawa Timur mengapresi...

Blog Archive

Recent Posts